Menu

Proses Balik Nama Sertifikat Tanah Tanpa Notaris & Biaya

  Dibaca : 780 kali
Proses Balik Nama Sertifikat Tanah Tanpa Notaris & Biaya
Kegiatan kelas memasak makanan bergizi dalam Community Feeding Center (CFC) di Polindes Pakis, Tayu, Pati, Jawa Tengah.

Berberita.com – Balik nama sertifikat tanah tanpa notaris, bisakah? Berapa biaya dan bagaimana proses untuk mengurus balik nama sertifikat tanah dan bangunan itu, baik hibah atau warisan.

Proses balik nama sertifikat tanah ada dua cara. Kedua cara itu tetap melibatkan Kantor Pertanahan atau saat ini akrab dikenal dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Kantor biasanya ada di setiap kabupaten atau kota.

Pendaftaran balik nama sertifikat dari penjual menjadi nama pembeli harus dilakukan paling lambat 7 hari, setelah akta perjanjian jual beli ditandatangani. Lantas, bagaimana prosesnya.

Bila Anda ke pejabat PPAT, tentu semuanya akan mendapatkan petunjuk dari sana. Berhubung di sini ulasannya tanpa notaris, perhatikan hal berikut ini.

sertifikat tanah dan bangunan

Anda harus meminta satu lembar akta jual beli dari PPAT untuk Anda serahkan kepada petugas di Badan Pertanahan Nasional (BPN). Apa saja berkas yang Anda butuhkan?

  1. Surat pengantar dari PPAT
  2. Sertifikat asli
  3. Akta jual beli dari PPAT
  4. Identitas penjual dan pembeli atau kuasa hukum, biasanya berupa KTP
  5. Surat kuasa kalau pendaftaran dilakukan kuasa hukum
  6. Bukti pelunasan SSBBPHTB
  7. Bukti pelunasan SSP PPh
  8. SPPT PBB tahun berjalan atau tahun terakhir. Kalau tidak punya SPPT, maka diperlukan keterangan dari kepala desa
  9. Izin peralihan hak, jika: 1) pemindahan hak atas tanah (HM) atas rumah susun yang dalam sertifikatnya  tercantum tanda yang menyatakan bahwa hak tersebut hanya boleh dipindahtangankan apabila sudah memperoleh izin dari instansi berwenang. 2) Pemindahan hak pakai atas negara
  10. Surat pernyataan bahwa calon penerima hak atau pembeli

Setelah permohonan dan kelengkapan berkas pendaftaran diajukan ke kantor pertanahan, pemohon mendapatkan bukti penerimaan permohonan balik nama.

Tanda bukti penerimaan permohonan balik nama sertifikat tanah itu kemudian digunakan untuk membayar administrasi ke loket 3. Anda nantinya akan mendapatkan tanda bukti pembayaran permohonan balik nama.

Dalam waktu 14 hari, pembeli sudah bisa mengambil sertifikat baru yang sudah jadi. Bagaimana? Mudah kan, proses cara mengurus Balik Nama Sertifikat Tanah Tanpa Notaris.

Biaya balik nama sertifikat tanah di notaris atau tidak, itu menyesuaikan dengan ketentuan terbaru dari peraturan dari BPN. Misalnya, biaya balik nama tahun 2016 bisa jadi berbeda dengan tahun 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022, 2023, 2024, 2025, dan seterusnya.

Lantas, bagaimana cara mengetahui biaya balik nama sertifikat tanah dan bangunan terbaru dan paling update? Kunjungi website resmi BPN. Di sana, Anda akan menemukan aturan dan ketentuan secara resmi.

Bila Anda kesulitan menemukan biaya balik nama sertifikat tanah dan bangunan terbaru dari BPN, BACA: Peraturan Pemerintah RI Nomor 128 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN)

Caranya: Klik link download, Anda akan menemukan aturan biaya balik nama sertifikat tanah dan bangunan terbaru dalam bentuk PDF. Semoga bermanfaat. (*)

Editor:
KOMENTAR

4 Komentar