Menu

Donny Ajak Bangsa Isi Hari Aksara dengan Kegiatan Produktif

  Dibaca : 44 kali
Donny Ajak Bangsa Isi Hari Aksara dengan Kegiatan Produktif
Donny Imam Priambodo, Caleg DPR RI Dapil Jateng III (Berberita.com)

JAKARTA, Berberita.com – Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Jateng III Donny Imam Priambodo mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk mengisi Hari Aksara Internasional dengan kegiatan produktif dan berkelanjutan.

Donny menilai, peringatan Hari Aksara Internasional yang diisi dengan kegiatan produktif dan berkelanjutan akan memberikan dampak sosiologis yang posifif bagi perkembangan masyarakat di era digital.

Pasalnya, melalui kegiatan tersebut, masyarakat akan melek budaya berliterasi, sehingga buta aksara dapat diberantas.

Menurutnya, Indonesia saat ini sudah mengalami kemajuan pesat dalam agenda pemberantasan buta aksara.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk Indonesia yang sudah berhasil diberaksarakan mencapai 97,93 persen.

Sementara penduduk yang masih belum melek aksara dari usia 15 hingga 59 tahun, hanya 2,07 persen atau 3.387.035 jiwa.

“Indonesia hari ini mengalami kemajuan dalam memberantas buta aksara. Capaian tahun 2017 berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS) penduduk yang telah berhasil diberaksarakan mencapai 97,93 persen dan 2,07 persen atau 3.387.035 jiwa (Usia 15-59) yang belum melek aksara,” Ujar Donny kepada media saat ditemui di Kawasan Mampang Jakarta, Sabtu 8/9.

Ia menuturkan, peringatan hari aksara harus menjadi refleksi bersama dalam merenungi cita-cita bernegara, yaitu mencerdaskan kehidupan masyarakatnya.

“Patut disyukuri dalam memberantas buta huruf, Indonesia mengalami kemajuan. Ini sebagai upaya nyata untuk sampai kepada cita cita bernegara,” tuturnya.

Peringatan Hari Aksara Indonesia sendiri, lanjut Donny, merupakan kesempatan bagi segenap elemen bangsa untuk bergerak dalam membudayakan literasi. Tujuannya untuk memberantas buta aksara.

Bagi Donny, budaya literasi menjadi kepentingan bersama dalam rangka membangun kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kalau masyarakatnya melek aksara dan membudayakan literasi, maka kualitas sumber daya manusia perlahan akan semakin meningkat sehingga akan ikut memajukan bangsa dan negara,” imbuh Donny.

Di akhir komentarnya, Donny Imam Priambodo yang merupakan Caleg DPR RI Dapil Jateng III ini menegaskan, masyarakat harus mengisi peringatan Hari Aksara Internasional dengan kegiatan yang produktif dan berkelanjutan sehingga mempunyai dampak sosiologis yang baik.

“Peringatan Hari Aksara Internasional ini mari kita isi dengan kegiatan yang produktif dan berkelanjutan,” tandasnya. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!