Profil Motor Antique Club Indonesia (MACI) dan Sejarahnya

Motor Antique Club Indonesia MACI photo

Motor Antique Club Indonesia (MACI) adalah komunitas pencinta sepeda motor jadul, kuno dan langka. Anggota MACI juga sepakat untuk melestarikan motor-motor tua jaman dulu.

Wadah bagi penggemar motor antik di Indonesia ini tersebar di seluruh pelosok Tanah Air. Saat ini, sudah ada 66 cabang MACI di kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Anggota MACI berasal dari latar belakang yang dipertemukan dalam hobi dan kecintaan pada sepeda motor klasik berbagai jenis dan merek.

Ketua MACI Pusat Andrian YW saat ditanya berberita.com menegaskan jika anggota MACI setidaknya memiliki sepeda motor klasik produksi tahun 1966 ke bawah. Hal itu sesuai dengan AD/ART komunitas MACI yang sudah disepakati.

Bagi anggota MACI, motor tua adalah harta karun yang tidak ternilai harganya. Sebab, hal itu menyangkut romantisme, semangat dan kisah touring.

Sejarahnya, pada tahun 1994 silam ada pameran yang melibatkan motor antik di Semarang, Jawa Tengah.

Dari acara itu, sesama pengagum motor klasik merapatkan barisan dan membentuk komunitas yang mewadahi hobi mereka.

Itulah asal-usul MACI berdiri dan eksis sampai sekarang. Setiap tahunnya, MACI selalu menggelar acara jambore nasional (jamnas) di berbagai kota atau kabupaten.

Bagi anggota MACI, jambore nasional adalah Lebarannya MACI. Di sana, mereka dipertemukan untuk mengadakan event silaturahmi, gathering, dan event-event yang mengangkat kebudayaan lokal yang menjadi tempat MACI.

Pada tahun 2017, jambore nasional MACI digelar di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Daerah yang akrab dengan sebutan "Kota Seribu Paranormal" itu kaya akan kesenian dan budaya, kuliner, dan potensi wisata.

Sedikitnya ada 3.000 motor antik yang dihadirkan di sana. Mereka datang dari berbagai daerah, seperti Aceh, Lampung, Makassar, Samarinda, Bali, Malang, Surabaya, Jakarta, Medan, dan masih banyak lagi lainnya.

Motor Tua Pemersatu Bangsa. Itulah jargon yang diusung anggota MACI dalam mengakrabkan dan menyatukan sesama pelestari sepeda motor klasik.

Sebagian besar motor tua yang dimiliki adalah produksi Eropa dan Amerika. Beberapa di antaranya motor hasil rampasan perang, kemudian dikoleksi dan dilestarikan.

Kamu penggemar motor klasik? Share artikel tentang profil MACI ini dan komentar di bawah ini. Salam Motor Tua Pemersatu Bangsa!

0 Response to "Profil Motor Antique Club Indonesia (MACI) dan Sejarahnya"

Posting Komentar