Siapa Nyai Gendeng Permoni? Ratu Demit dari Setra Gandamayit

Siapa Nyai Gendeng Permoni Ratu Demit dari Setra Gandamayit

Siapa Nyai Gendeng Permoni? Dia adalah ratu demit, jin, makhluk gaib dan siluman di Setra Gandamayit.

Wilayah kekuasannya meliputi hutan dan sebagian wilayah daratan di Tanah Jawa. Ratu siluman itu sering bermusuhan secara politis dengan penguasa samudera selatan Ratu Kidul.

Kenapa? Sebab meski keduanya sering berseteru dan bermusuhan, tetapi keduanya menghindari bentrok secara langsung yang melibatkan bala tentara dan pasukan perang gaib.

Nyi Gendeng Permoni memiliki banyak pengikut, baik dari bangsa gaib maupun para dukun penganut ilmu hitam. Beberapa di antaranya meminta pesugihan.

Dalam film sinetron yang diproduksi PT Genta Buana Paramita, salah satu pengikut yang mengambil pesugihan adalah Raden Setro Satrio, putra Tumenggung Cokronanggolo dari istri selir.

Raden Setro Satrio mengambil pusugihan Nyai Gendeng Permoni untuk membangun istana, pendopo dan wilayah kecil untuk menandingi katumenggungan milik ayahnya, Tumenggung Cokronanggolo.

Sebab, keluarga Setro Satrio dari ibunya sering berseteru dengan Cokronanggolo sehingga berencana makar dan membangun kekuatan sendiri atas bantuan Ratu Demit Nyi Gendeng Permoni.

Nenek Setro Satrio, Nyi Wingit dan keluarga besarnya adalah pengikut setia Ratu Siluman Gendeng Permoni.

Karakter
Permoni digambarkan sebagai sosok bangsa jin jahat yang sering menjerumuskan manusia ke dalam jurang kesesatan.

Orang yang meminta bantuannya bukannya ditolong, tapi justru dijerumuskan untuk dijadikan pengikut dan budaknya. Sebab, tujuan utamanya memang demikian.

Semua demi kepentingannya. Contohnya, orang yang mengambil pesugihan darinya, diberikan harta yang melimpah, kemudian sengaja dibunuh.

Arwah pengambil pesugihan nantinya akan dijadikan budaknya di alam gaib.

Di dunia jin, Permoni adalah penguasa yang memiliki pengikut dari berbagai setan bentayangan seperti genderuwo, banaspati, kuntilanak, dan berbagai jin lainnya.

Sejarah dalam wayang
Dalam dunia pewayangan, Nyai Gendeng Permoni adalah Betari Durga. Awalnya, dia adalah sosok puteri yang cantik jelita.

Saking seksi dan cantiknya, dia tidak mau menikah dengan manusia biasa. Dia ingin menikah dengan dewata.

Lantas, ia bertapa sehingga dalam semedinya ditemui Batara Guru. Karena istri Batara Guru yang bernama Batari Uma memiliki raksasa yang jelek dan menakutkan karena sebuah kutukan.

Akhirnya, permintaan Dewi Permoni untuk menikah dengan dewata dikabulkan dengan syarat dia harus bertukar badan dengan istrinya.

Setelah bertukar badan dengan Batari Uma, Dewi Permoni memiliki wajah buruk. Namun, keinginannya terkabul karena dinikahkan dengan anak Batara Guru yang bernama Batara Kala.

Setelah pernikahan itu, Dewi Permoni memiliki gelar Batari Durga dan menjadi ratu di wilayah Setro Gondomayit.

Karakter wayang Gendeng Permoni digambarkan sebagai sosok ratu siluman yang suka menebar kejahatan, kejam dan nafsu angkara murka.

Gurunya para dukun
Kesaktiannya membuat para dukun dan paranormal berguru kepada ratu demit itu.

Dari ilmu hitam itu, para dukun menggunakannya untuk keperluan maksiat dan sihir, seperti teluh, tenung, santet, guna-guna dan berbagai ilmu magis jahat lainnya.

Sejarah dalam kisah drama kolosal menceritakan, Nyai Gendeng Permoni sering memanfaatkan orang-orang jahat yang meninggal untuk disusupi, sehingga seolah-olah orang yang meninggal dunia itu gentayangan.

Dia kerap meminjam badan, fisik atau wadak manusia yang sedang bimbang, putus asa, kosong pikirannya, dan frustasi untuk kepentingan jahatnya. Misalnya, orang yang kesurupan dan tiba-tiba menjadi bengis dan jahat.

0 Response to "Siapa Nyai Gendeng Permoni? Ratu Demit dari Setra Gandamayit"

Posting Komentar