Wisata Watu Ulo, Harga Tiket Masuk & Legenda Joko Samudera

Wisata Watu Ulo Jember Batu Bersisik Ular Raksasa

Wisata Watu Ulo berlokasi di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu. Kabupaten Jember, Jawa Timur. Meski diliputi dengan kisah dan cerita legenda yang penuh dengan misteri, tempat wisata ini selalu menarik pengunjung.

Legenda Joko Samudera dan indahnya Watu Ulo adalah dua hal yang tidak terpisahkan antara objek wisata dan cerita mistis yang berkembang di tengah-tengah masyarakat sekitar.

Legenda Joko Samudera
Konon, hidup sepasang suami-istri yang tinggal di kawasan pantai yang saat ini terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pasangan itu bernama Aki dan Nini Sambi. Lantaran tidak punya anak, keduanya mengangkat seorang anak yang diberi nama Joko Samudera.

Asal-usul nama itu dari kata Joko yang artinya pemuda, dan samudera yang berarti lautan lepas nan luas. Pemuda itu diharapkan menjadi penakluk sang samudera.

Pemuda itu selalu mendapatkan tugas dari orangtua untuk mencari ikan di laut. Suatu ketika, Marsudo, adik Joko Samudera yang mendapatkan tugas berburu ikan di laut.

Marsudo terkaget-kaget mendapatkan ikan yang bisa berbicara dan memperkenalkan diri sebagai Raja Mina. Ikan itu meminta Marsudo melepaskannya dengan imbalan berupa permohonan yang akan dikabulkan.

Karena pulang tidak membawa hasil, Marsudo dimarahi habis-habisan oleh orangtuanya. Hal itu yang membuat Joko Samudro kembali mendapatkan tugas berburu ikan di laut.

Bukannya mendapatkan ikan, kail pancing Joko justru mengenai sesosok ular raksasa. Ular itu pun mengamuk sejadi-jadinya.

Keduanya kemudian bertarung mati-matian. Marsudo lantas memanggil Raja Mina dan meminta sebuah permohonan agar kakaknya itu diberi kemenangan.

Raja Mina memberinya sebatang pecut atau cemeti dan memberikan pesan agar cemeti itu dipukulkan sebanyak dua kali pada tubuh ular. Benar saja, tubuh ular raksasa itu terbelah menjadi tiga bagian.

Letak kepala watu ulo di Grajagan Banyuwangi dan ekor Watu Ulo di Pacitan, sementara bagian tubuh ular menjadi indahnya kawasan wisata Watu Ulo di Jember.

Ular raksasa menjelma menjadi batu yang begitu indahnya sehingga menarik travelers dari berbagai daerah. Konon katanya, mitos yang berkembang mengabarkan bahwa suatu ketika batu itu akan kembali bangkit hidup dan menjadi seorang manusia untuk memimpin Tanah Jawa atau Indonesia.

Harga tiket masuk
Dikutip dari TribunWisata, Sabtu (17/6), harga tiket masuk di Pantai Watu Ulo Jember adalah sebagai berikut:

Rp 7.500 per orang, anak-anak gratis
Rp 10.000 untuk biaya kendaraan roda empat
Rp 5.000 untuk biaya kendaraan roda dua

Wahana dan spot menarik
Wisata Watu Ulo menawarkan berbagai spot menarik, yaitu pinggiran pantai dengan pemandangan yang sangat indah berpasir vulkanis hitam.

Spot paling diburu adalah berjalan di atas batu mirip sisik ular yang menjorok ke pantai. Ini asal-usul yang kemudian batu itu disebut Watu Ulo, artinya batu ular.

Kamu yang ingin surfing juga cocok mengagendakan liburan di objek wisata Watu Ulo. Atau sekadar menikmati panorama indah berupa hamparan pantai dengan bebatuan di sekitarnya bersama dengan pacar, gebetan atau mantan.

0 Response to "Wisata Watu Ulo, Harga Tiket Masuk & Legenda Joko Samudera"

Posting Komentar