Sebutkan 2 Hambatan Utama dalam Kebebasan Pers?

Sebutkan 2 Hambatan Utama dalam Kebebasan Pers
Sebutkan 2 hambatan utama dalam kebebasan pers?

Jawab
1. Kekerasan
2. Tindakan hukum (kriminalisasi atau gugatan perdata)

Jawaban lain
1. Akses informasi yang dihalang-halangi
2. Tudingan wartawan melakukan rekayasa berita
3. Wartawan menjadi saksi
4. Kepentingan dan kekuatan lain di luar pers

Penjelasan
Dikutip berberita.com dari catatan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia pada laporan kebebasan pers tahun 2009 menyebutkan, kekerasan masih menjadi hambatan utama dalam kebebasan pers dan jurnalis di Indonesia.

Kekerasan itu dapat berupa kekerasan fisik atau kekerasan verbal. Kekerasan fisik, misalnya pemukulan, pengeroyokan, penyanderaan, perampasan alat, hingga pembunuhan.

Kekerasan verbal contohnya ancaman dan larangan untuk melakukan liputan atau pemberitaan.

Sementara itu, tindakan hukum yang dimaksud adalah kriminalisasi (pemidanaan) atau gugatan perdata. Rata-rata kasus yang menyeret wartawan ke meja persidangan pengadilan adalah kasus pencemaran nama baik (defamation law), baik pidana maupun perdata.

Ketua Dewan Pers Bagir Manan seperti dikutip berberita.com dari Tribunnews pernah mengatakan, kepentingan dan kekuatan lain di luar pers juga menjadi hambatan utama kebebasan pers.

Artinya, ada kekuatan lain yang mendikte atau mengarahkan pers sesuai dengan kepentingannya. Entah itu dari investor perusahaan pers, pejabat atau kekuatan-kekuatan lain yang berada di luar pers.

Itulah hambatan utama dalam kebebasan pers di Indonesia saat ini. Semoga bisa memberikan manfaat bagi dunia jurnalistik dan pers di Indonesia saat ini.

0 Response to "Sebutkan 2 Hambatan Utama dalam Kebebasan Pers?"

Posting Komentar