Negara Petro Dollar adalah Sebutan untuk Negara? Ini Artinya!

Negara petro dollar adalah sebutan untuk negara Brunei Darussalam untuk di Asia Tenggara. Juga untuk Arab Saudi dalam skala yang skala yang lebih luas atau internasional.

Apa artinya? Dari analisa berberita.com, istilah petrodollar diambil dari dua kata, yaitu petro dan dollar.

Petro berasal dari kata petroleum, dalam bahasa Indonesia adalah minyak bumi. Dollar adalah mata uang, biasanya merujuk pada mata uang dollar Amerika Serikat atau disingkat USD.

Negara petro dollar adalah sebutan untuk negara Brunei Darussalam

Jadi, negara petro dollar artinya adalah negara yang menerima pendapatan dolar dari penjualan minyak ke negara lain.

Kita tahu, Brunei Darussalam meski negaranya sangat kecil, tetapi penduduknya sangat kaya dengan pendapatan per kapita mencapai 48.000 dollar AS. Minyak bumi yang diekspor mengantarkan Brunei Darussalam sebagai negara kaya di dunia.

BACA: Alasan Brunei Darussalam Dijuluki Negara Petro Dollar dan Ini Tempat Wisatanya

Sama halnya dengan Arab Saudi. Negara ini sudah lama dikenal dunia sebagai penghasil minyak bumi paling besar, sehingga juga mendapatkan julukan negeri petro dolar.

Minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak terbaharukan, sehingga sempat menjadi isu yang menjadi latar belakang peperangan dunia. Keberadaannya menjadi konon kabarnya menjadi pemicu konflik antarnegara, hingga fenomena Arab Spring yang terus bergejolak sampai sekarang ini.

0 Response to "Negara Petro Dollar adalah Sebutan untuk Negara? Ini Artinya!"

Posting Komentar