Film Kartini Dian Sastro Hanung Bramantyo, Pemeran & Pemainnya

Film Kartini Dian Sastro Hanung Bramantyo Pemeran Pemain
Film Kartini yang dibintangi Dian Sastro dengan sutradara Hanung Bramantyo akan segera tayang di bioskop-bioskop kesayangan Anda. Kapan tayang? Siapa nama-nama pemeran dan pemainnya? Bagaimana sinopsis, alur atau ringkasan ceritanya?

Kapan tayang? Kabarnya, film yang diproduseri oleh Robert Ronny dengan genre biografi Raden Ajeng (RA) Kartini ini tayang pada 21 April 2017 bertepatan dengan Hari Kartini.

Film Kartini yang digarap secara apik oleh Legacy Picture ini bercerita tentang kisah perjuangan RA Kartini, pahlawan nasional asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang dikenal dengan emansipasi wanita. Berikut sinopsisnya yang dirangkum berberita.com untuk Anda.

Di usia yang masih belia, yaitu 12 tahun, RA Kartini masuk dalam pingitan. Kenapa dipingit? Dia adalah darah bangsawan, sehingga akan dipersiapkan menjadi seorang raden ajeng (RA). Dia sudah dipersiapkan menjadi istri bupati, sehingga darah ningrat ada padanya. Itu sudah sesuai dengan adat dan tradisi pada zaman itu.

Namun, Kartini memberontak, melawan kemapanan. Dia tidak mau dipanggil raden ajeng. Dia ingin bebas yang kemudian pada zaman modern dikenal dengan istilah emansipasi wanita. Karena sikapnya itu, Kartini dibenci kalangan keluarganya yang berdarah biru.

Dia sempat sedikit menghirup udara bebas ketika pejabat pendidikan dan kebudayaan Belanda Tuan Ovink-Soer meminta RM Sosroningrat, ayah Kartini untuk melonggarkan pingitannya. Dia bertemu rakyat, pembesar, pejabat dan begitu bahagia mendapatkan kebebasan.

Perempuan cakap yang dimainkan artis cantik Dian Sastrowardoyo ini membuat pejabat pendidikan dan kebudayaan Batavia, Abendanon terkesima sehingga menawarkan beasiswa sekolah di Belanda. Betapa senangnya Kartini, meski pada akhirnya cita-cita dan impiannya kandas karena dilarang ayah dan kerabatnya.

Peluang demi peluang menghampiri Kartini. Tapi sayang, ayahnya sakit-sakitan sehingga mau tidak mau dia tidak meninggalkannya. Bahkan, utusan Gubernur Jenderal datang ke Jepara untuk memberikan fasilitas pendidikan untuk Kartini.

RM Hadiningrat (paman tua, pak dhe Kartini sebagai Bupati Kudus), sebagai tokoh antagonis dalam film ini melakukan berbagai cara untuk menghalangi Kartini memperoleh kesempatan emasnya. Cara-cara itu, seperti menekan ayah Kartini secara politis, mengirimkan surat lamaran menikah, sampai ancaman sihir atau semacam guna-guna (gaib).

Dian Sastro yang memerankan Kartini juga menulis banyak surat-surat yang dikirim kepada sahabat-sahabatnya di Belanda. Ratusan surat itu kemudian menjadi sebuah buku yang dikenal dengan Habis Gelap Terbitlah Terang.

Sejumlah sahabat yang mendapat kiriman surat dari Kartini, di antaranya Estella H Zeehandelaar, Nyonya RM Abendanon-Mandri, Nyonya Ovink-Soer, Tuan Prof Dr GK Anton dan Nyonya, Hilda G de Booij, hingga Nyonya van Kol.

Dalam bahasa Belanda, Habis Gelap Terbitlah Terang adalah Door Duistemis Tot Licht, kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Armijn Pane terbit pada tahun 1938. Sulastin Sutrisno juga pernah menerjemahkan surat-surat RA Kartini dengan judul Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya.

Itulah sekelumit tentang cerita, kisah, dan sinopsis film Kartini yang diperankan Dian Sastrowardoyo dengan sutradara Hanung Bramantyo. Yuk, tengok pemeran dan pemainnya!

Bintang film
Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini
Acha Septriasa sebagai pemeran adik Kartini bernama Roekmini
Adinia Wirasti memerankan Soelastri
Deddy Sutomo sebagai Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat (ayah Kartini)
Ayushita Nugraha sebagai adik kandung Kartini bernama Kardinah
Djenar Maesa Ayu sebagai Moeryam ibu Kartini
Rudy Wowor, Rebecca Soejati Reijman, Reza Rahardian, Christine Hakim, dll
Sutradara : Hanung Bramantyo
Tanggal tayang, release date : April 2017
Produser : Robert Ronny
Bahasa : Inggris, Belanda, Indonesia
Genre : Biografi

0 Response to "Film Kartini Dian Sastro Hanung Bramantyo, Pemeran & Pemainnya"

Posting Komentar