7 Kota di Indonesia dan Dunia yang Akan Tenggelam

Kota di Indonesia dan Dunia yang Akan Tenggelam

JAKARTA, Berberita.com - Ada 7 kota di Indonesia dan dunia yang akan tenggelam oleh air laut, karena letak geografisnya yang berada di bawah permukaan air laut atau faktor-faktor lainnya.

Berikut tujuh daerah di dunia, termasuk Indonesia yang diprediksi akan tenggelam versi On The Spot Trans 7. Apa saja, penasaran? Simak ulasannya.

Bangkok, Thailand
Bangkok adalah kota dengan perkembangan dan kemajuan terpesat di negara Thailand. Namun, kota ini diprediksi akan menjadi "Atlantis kedua" yang tenggelam pada tahun 2100 mendatang.

Penyebab dan faktornya, antara lain perubahan iklim, pergeseran tanah, efek rumah kaca dan tingginya permukaan air laut. Ilmuwan dan para ahli memprediksi, permukaan air laut akan naik 19 hingga 29 cm pada tahun 2050.

Venezia, Italia
Kota ini sangat cantik dan eksotis sehingga banyak turis, wisatawan, traveler, backpacker yang berdatangan ke daerah ini. Venezia adalah kota industri dan tujuan wisata dunia.

Kota dengan julukan Kota Apung ini diperkirakan akan tenggelam lima kali lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Banjir besar pernah terjadi di sini.

Meksiko, Amerika Utara
Kota ini memiliki karakter tanah yang tidak kokoh. Padahal, tingkat ekonominya sangat tinggi dan paling banyak dikunjungi turis di dunia pada tahun 2007.

Ahli berpendapat, kota ini tenggelam setinggi 2 cm setiap tahunnya. 2004-2006, tercatat penurunan tanah di kota timur Meksiko sebesar 30 cm per tahun. Penyebabnya, pengambilan tanah terus menerus sehingga lapisan tanah menjadi pecah.

New York, Amerika Serikat
Kota ketiga terbesar di Amerika Serikat, pada 2011 lalu yang dipadati 8,2 juta jiwa ini terancam hilang dan tenggelam karena efek pemanasan global. Kenaikan permukaan air laut juga menjadi penyebabnya. Di Kota New York juga diprediksi akan tenggelam terlebih dulu dibanding kota-kota di Amerika Serikat lainnya.

Shanghai, China
Kemajuan yang dialami kota Tiongkok ini tidak dibarengi dengan kondisi struktur tanah yang baik. Semula, daerah rawa ini dipenuhi bangunan-bangunan gedung pencakar langit sehingga menyebabkan tanahnya turun 1,5 cm per tahun.

Penduduk kota Shanghai, Tiongkok juga sangat padat, mencapai 23,5 juta jiwa pada tahun 2012. Hal ini mengakibatkan banyaknya bangunan pencakar langit di sana.

Mumbai, India
Kota terbesar di India ini masuk jajaran kota metropolitan keempat di dunia. Dengan dihiasi gedung-gedung tinggi, Mumbai diprediksi akan menjadi lautan pada tahun 2100. Mumbai akan tenggelam oleh air laut setinggi lima meter akibat mencairnya es di kutub.

Houston, Amerika Serikat
Kota ini kaya akan sumber daya alam (SDA). Namun, kota ini diprediksi akan tenggelam karena berada di atas tanah dengan tekstur pasir.

Penduduknya mengandalkan air tanah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Penggunaan air bawah tanah dan pengeboran minyak membuat kerusakaan pada situs. Ilmuwan yang meneliti, kota ini mengalami penurunan sedalam 5 cm setiap tahunnya.

Jakarta, Indonesia
Banjir yang melanda ibu kota Jakarta setiap tahunnya, sehingga diprediksi akan tenggelam di masa mendatang. Terlebih, secara geografis, 40 persen daerah di DKI Jakarta berada di bawah permukaan laut.

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) memprediksi Jakarta akan tenggelam hanya dalam waktu sebentar, yaitu 2030 mendatang. Hal itu sangat mudah terjadi, karena ibu kota minim daerah resapan sehingga masuk wilayah dengan titik kronis banjir.

Kondisi itu diperparah dengan fakta bahwa Jakarta mengalami defisit air tanah 66,6 juta meter kubik yang mengakibatkan turunnya 2 miliar meter kubik air hujan per tahun dengan daya serap 36 persen saja. Sisanya, air hujan terbuang ke selokan dan sungai yang menyebabkan banjir tidak teratasi.

Pembangunan di Jakarta tidak memperhatikan faktor ekologi, sehingga ruang terbuka hijau (RTH) sangat minim. Jika itu dibiarkan, maka prediksi bahwa Jakarta akan tenggelam pada 2030 bukan hal yang mustahil.

Kondisi serupa terjadi di Semarang, Jawa Tengah. Selain letak geografisnya berada di pesisir utara Laut Jawa, Semarang acapkali dilanda banjir rob dan banjir setiap musim hujan yang mencapai wilayah perkotaan. Gara-gara banjir rob, jalur pantura sering dilanda macet.

Itulah 7 kota di Indonesia dan dunia yang diprediksi akan tenggelam pada masa yang akan datang versi On The Spot Trans7. Sebagai manusia, langkah antisipasi sangat perlu untuk menghindari adanya bencana yang mengakibatkan tenggelamnya peradaban kota.

0 Response to "7 Kota di Indonesia dan Dunia yang Akan Tenggelam"

Posting Komentar