Tips Kuliah Sambil Bisnis Make Up Artist & Wardrobe ala Andriani Ayu

Tips Kuliah Sambil Bisnis Make Up Artist Wardrobe ala Andriani Ayu

SEMARANG, Berberita.com – Belajar sambil bekerja bukan hal yang tidak mungkin bagi seorang mahasiswa. Bahkan, tak jarang dari mereka yang sukses mengembangkan bisnis, sembari kuliah di salah satu perguruan tinggi.

Andriani Ayu Wiratmi (21), misalnya. Mahasiswi di salah satu kampus di Kota Semarang ini menekuni bisnis make up artist (MUA) and wardrobe di sela-sela kuliahnya.

Gadis cantik yang biasa dipanggil Yani ini menekuni bisnis make up artist and wardrobe dari hobinya sehari-hari. Berangkat dari sebuah hobi, Yani kemudian menggeluti minat bisnis yang dimulai dari kecil-kecilan.

“Hobi saya memotret, masak dan modeling. Dari hobi itu, saya bergabung dengan komunitas. Salah satunya, komunitas fotografi di Semarang. Saya jadi asisten fotografer. Dari sana, saya akhirnya buka bisnis make up artist (MUA) dan persewaan gaun bridal maupun pesta,” ujar Yani saat berbincang dengan berberita.com, Senin (21/11).

Menurutnya, kunci bisnis adalah relasi dan hobi. Berawal dengan relasi yang baik, muncul inspirasi untuk memulai bisnis. Dengan memulai bisnis dari hobi, bisnis akan berjalan dengan baik karena dijalani dengan rasa senang.

“Tipsnya cukup dengan relasi yang baik. Saya banyak dapat relasi dari ikut komunitas. Makanya jangan sepelekan komunitas. Dari komunitas, kita akan banyak relasi. Nah, mau-tidaknya kita terjun di dunia bisnis, tergantung dari diri kita sendiri,” ucap Yani.

Bila bisnis make up artists, salah satu hal yang harus diperhatikan, antara lain cerdas dan pintar mengikuti trend dan perkembangan make up masa kini. Jika tidak, akan ketinggalan yang pada akhirnya sepi pelanggan.

“Orang itu kan pengennya make up masa kini. Kalau buka usaha di bidang make up artist, tentu harus bisa mengikuti perkembangan dan trend make up agar selalu update,” imbuhnya.

Satu hal yang harus dilakukan agar kuliah sambil bisnis bisa berjalan lancar, menurut Yani, antara lain ikhlas, pantang menyerah, dan sabar. Perlahan tapi pasti, kesuksesan pasti akan tercapai. Nah, itulah tips kuliah sambil bisnis make up artist (MUA) and wardrobe ala Andriani Ayu, mahasiswi yang juga menjadi model hijab di Kota Lumpia, Semarang. (*)

0 Response to "Tips Kuliah Sambil Bisnis Make Up Artist & Wardrobe ala Andriani Ayu"

Poskan Komentar