Sendang Kasihan, tempat cari jodoh, kecantikan & awet muda di Jogja

Sendang Kasihan tempat cari jodoh kecantikan awet muda di Jogja

BANTUL, Berberita.com - Anda mencari tempat untuk mencari jodoh, membuat wajah Anda cantik bersinar, dan badan menjadi awet muda di Kabupaten Bantul, Jogjakarta? Sendang Kasihan tempatnya.

Sendang Pengasihan berlokasi di Dukuh Kasihan, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Tempat wisata religi-spiritual ini ramai dikunjungi masyarakat, terutama pada malam hari.

Namun, tidak sedikit warga yang datang pada malam hari untuk bertapa, bersemedi, kungkum atau berendam, sering melihat berbagai penampakan sosok makhluk gaib. Ada yang melihat sosok perempuan menggunakan pakaian Jawa hingga berbaju putih.

Untuk menguak rahasia misteri dan teka-teki di telaga pengasihan ini, Tim Dua Dunia Trans 7 bersama tokoh supranatural Ki Kusumo Nur Bakti bertandang ke sana. Ada banyak sosok penunggu gaib yang ditanya melalui mediumisasi.

Mbok Dupyok, penunggu gaib di wilayah tersebut mengatakan jika sendang kasihan adalah tempat berendam atau kungkum raden ayu. Salah satunya, Nyi Roro dan pengikutnya. Mereka berendam supaya cantik dan awet muda.

"Awalnya, air ini untuk orang suci dan bersih. Dulu sumber mata airnya kecil, tidak sebesar sekarang ini. Yang memberikan awet muda itu ya leluhur yang ada di sini. Saya penguasa tempat ini juga ikut berendam di sini," kata makhluk gaib, mungkin sebangsa jin yang mengaku bernama Mbok Dupyok.

Dia juga membenarkan adanya salah satu anggota waliyullah yang datang ke tempat ini. Namun, dia menolak untuk menceritakan siapa waliyullah yang datang di sendang kasihan. "Itu bukan kewajiban saya untuk menjelaskan," tuturnya.

Ada juga makhluk sebangsa jin berwujud raksasa atau buta yang tinggal di sekitar sendang kasihan. Ada yang bernama Dandang dan Broto. Menurutnya, zaman dulu, di sini yang masih berupa hutan tidak ada sumber mata air.

"Katanya, Kanjeng Sunan Kalijaga adalah orang pertama yang membuat sumber mata air ini untuk berwudlu saat shalat. Beliau jalan-jalan (red: mengembara). Dulunya hutan, ceritanya mau beribadah tapi airnya habis," ungkap makhluk berwujud raksasa bernama Broto.

Baca selengkapnya: Asal mula Sendang Kasihan Peninggalan Walisongo Sunan Kalijaga

Mediumisasi kembali dilakukan. Kini, makhluk halus bernama Pengantin Agung bercerita, "Iya, air ini berkhasiat bisa membuat ayu, cantik. Dulu digunakan Raden Ayu untuk menggoda Ki Ageng Mangir, syaratnya mandi di sini."

Tak mampu memberikan banyak informasi, Pak Kusumo Nur Bakti kembali melakukan mediumisasi. Kali ini, makhluk gaib yang mengaku sebagai pengasuh dan utusan Roro Pembanyun bercerita.

"Rara Pembayun, diutus romonya (red: ayahnya, Panembahan Senopati) untuk memikat Ki Ageng Mangir. Syaratnya berendam dan bertapa di mata air ini."

"Caranya membahasi seluruh badan dan busana. Zaman dulu, saya juga ikut menyirami. Kegunaan dan khasiat air ini untuk memikat (pria, lelaki). Makanya disebut dengan sendang pengasih."

Dari hasil penerawangan dan penelusuran sejarah gaib tersebut, maka tidak heran jika masyarakat banyak berdatangan ke telaga pengasihan untuk berendam, bersemedi, mandi agar diberikan jodoh, kecantikan, dan awet muda. Namun, sebetulnya yang mampu memberikan semua itu hanyalah Allah, bukan leluhur, bangsa gaib atau air itu sendiri.

0 Response to "Sendang Kasihan, tempat cari jodoh, kecantikan & awet muda di Jogja"

Poskan Komentar