Sejarah & Asal-usul Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogja

Sejarah Asal-usul Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogja

YOGYAKARTA, Berberita.com - Air Terjun Sri Gethuk adalah objek wisata di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul yang saat ini populer, terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan di Jogjakarta. Namun, tahukah Anda sejarah, asal-usul, mitos dan legendanya?

Air terjun dengan ketinggian 25 meter yang mengalir dari tiga sumber mata air dari atas bukit ini terbukti secara ilmiah tidak pernah kering, meski pada musim kemarau sekalipun.

Asal mula air terjun ini dinamakan "Sri Gethuk", berasal dari kata ketuk (dalam konteks misalnya ketukan musik). Karena kata ketukan hampir sama dengan getuk, maka penduduk atau warga setempat menyebutkan Getuk.

Kenapa bisa dinamakan Sri Getuk? Hal ini tidak lepas dari cerita, kisah dan mitos yang berkembang di masyarakat. Konon kabarnya, di tempat wisata ini terdengar suara ketukan gamelan ketika musim hujan.

Suara "ketukan" alunan musik gamelan Jawa itulah yang membuat penduduk mengenalnya dengan getukan hingga menjadi awal mula air terjun itu dinamakan Sri Gethuk. Namun, sejarah asal-usul nama Sri Gethuk ini masih berasal dari sumber yang konon kabarnya.

Baca juga: Menguak Alam Gaib di Air Terjun Sri Gethuk

Bicara soal sejarah, destinasi wisata berupa air terjun di Kabupaten Gunung Kidul ini tidak lepas dari cerita dan kisah para pembesar dari Kerajaan Mataram pada tahun sekitar 1700 yang bersembunyi di Gua Rancang Kencono, karena sedang menyusun siasat, strategi politik untuk melawan penjajahan Belanda atau VOC.

Pada zaman dahulu, ada jalur khusus antara Goa Rancang Kencono dengan Air Terjun Sri Gethuk, tapi saat ini sudah ditutup dan tidak terlihat oleh manusia. Nah, jalur khusus itu yang dimanfaatkan sejumlah tokoh pejuang dari trah Mataram sebagai lalu lintas dari gua menuju air terjun.

Mereka memanfaatkan air terjun untuk bersih-bersih diri, mandi, atau bahkan mensucikan diri. Sebab, air terjun ini dikenal sebagai air suci yang berasal dari tiga sumber mata air dari perbukitan.

Nah, pada zaman modern sekarang ini, Air Terjun Sri Gethuk dibuka sebagai obyek wisata yang begitu indah, eksotis dan mempesona. Bahkan, ada yang bilang, kawasan destinasi wisata ini adalah salah satu Green Canyon-nya di Gunung Kidul, Yogyakarta!

Sebelum sampai di lokasi Air Terjun Sri Gethuk, Anda akan dibawa guide dari masyarakat setempat menggunakan rakit sederhana menyusuri sungai jernih yang sepintas berwarna hijau.

Butuh waktu sekitar 15 menit untuk menempuh perjalanan di atas sungai sembari menikmati indahnya pemandangan layaknya Green Canyon di Amerika Serikat! Alih-alih liburan dan piknik di objek wisata alam, Anda juga akan berwisata sejarah karena Air Terjun Sri Gethuk sarat akan sejarah pada zaman penjajahan Belanda dan sebelumnya.

0 Response to "Sejarah & Asal-usul Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogja"

Poskan Komentar