Cara Mengetahui & Menghitung Neptu Weton Pasaran dan Pawukon Primbon Jawa

Berberita.com - Manusia Jawa sudah lama kenal dengan primbon atau hitungan Jawa. Dari hari kelahiran, seseorang bisa diketahui apa weton dan jumlah neptunya. Berikut cara mengetahui dan menghitung neptu weton pasaran dan Pawukon sesuai dengan primbon Jawa.

Pertama, tanya kepada orang tua, kamu lahir pada hari apa dengan pasaran apa? Pasaran dalam primbon adalah Pahing, Pon, Wage, Kliwon dan Legi (Manis). Sedangkan hari, mulai dari Senin-Minggu.

Setelah orang tua kamu menjawab, kamu bisa mengetahui dan menghitung nepto wetonmu sendiri menggunakan rumus dalam primbon ini yang sangat mudah, cepat dan gampang! Caranya: jumlahkan saja "Hari Kelahiran" dan "Pasaran". Berikut daftarnya:

Hari
Senin = 4
Selasa = 3
Rabu = 7
Kamis = 8
Jumat = 6
Sabtu = 9
Minggu = 5

Pasaran
Pahing = 9
Pon = 7
Wage = 4
Kliwon = 8
Legi = 5

Cara Mengetahui & Menghitung Neptu Weton Pasaran dan Pakuwon Primbon Jawa

Cara menghitung weton neptu
Jumlahkan antara hari kelahiran dan pasaranmu. Kalau kamu orang Jawa yang masih menganut tradisi, budaya dan keyakinan sebagai manusia Jawa, biasanya orangtua mencatatnya.

Kecuali yang tidak percaya dengan ilmu-ilmu Jawa semacam primbon, tentu yang dicatat adalah hari, tanggal dan tahun dalam kalender nasional. Kalau orangtuamu ternyata masih mencatat pasaran, maka tinggal saja jumlah antara hari dan pasaran. Itulah neptu kamu.

Contoh: Orang lahir dengan Senin Legi, berarti 4 + 5 = 9. Jadi, orang yang lahir dengan pasaran Senin Legi, weton atau neptunya adalah 9.

Orang kelahiran Sabtu Legi, artinya: 9 + 5 = 14. Jadi, bayi kelahiran Setu Manis (Sabtu Legi) neptunya adalah 14.

Nah, mudah bukan cara mengetahui, menghitung sendiri neptu weton pasaran dan Pawukon dalam primbon hitungan Jawa. Gampang, cepat tidak pakai ribet. Neptu itu yang biasanya digunakan sebagai landasan untuk mengetahui watak, karakter, rezeki / pekerjaan, hingga jodoh dalam pernikahan, bahkan saat membangun rumah untuk tempat tinggal.

0 Response to "Cara Mengetahui & Menghitung Neptu Weton Pasaran dan Pawukon Primbon Jawa"

Poskan Komentar