Arti Reinkarnasi, Inkarnasi, Tumimbal Lahir, Samsara, Moksa, Punarbhawa

Arti Reinkarnasi Inkarnasi Tumimbal Lahir Samsara Moksa Punarbhawa
Krishna inkarnasi dari Tuhan, serta Dewa Wisnu dan Arjuna titisan Dewa Indra dalam kisah Mahabharata

Berberita.com - Apa itu reinkarnasi, inkarnasi, tumimbal lahir, samsara, moksa, dan punarbhawa? Apa pengertian, perbedaan dan kesamaannya?

Artikel ini muncul untuk menjawab sejumlah pertanyaan dari pembaca setia kaitannya dengan filsafat atau filosofi kehidupan manusia dalam berbagai agama, terutama Hindu dan Buddha. Bahkan, ajaran Islam disebut-sebut secara tidak langsung menyinggung masalah reinkarnasi.

Reinkarnasi
Adalah proses kelahiran kembali jiwa, spirit atau ruh manusia yang semula mati karena jasad rusak menuju jasmani yang baru.

Manusia hidup di dunia untuk mengenal Sang Maha Kuasa atau Tuhannya melalui jalan kebajikan, kebaikan dan kebenaran. Karena itu, manusia yang hingga jasadnya rusak tapi tidak menemukan Tuhannya, dia akan dilahirkan kembali.

Dalam Hindu, reinkarnasi dijelaskan oleh Sri Krishna yang merupakan perwujudan atau manifestasi dari Tuhan yang Maha Esa dalam kitab Bhagavad Gita.

Menurut pandangan Islam, dalam Al Quran dijelaskan dalam Surat Al Baqarah ayat 28 yang berbunyi: "Mengapa kamu ingkar kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, Dia menghidupkanmu, kemudian mematikanmu, menghidupkanmu kembali, setelahnya kamu dikembalikan kepada-Nya."

Dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 56 juga disebutkan: "Kami bangkitkan kamu sesudah kamu mati supaya kamu bersyukur."

Oleh sebagian umat Muslim, ayat tersebut adalah bagian dari konsep reinkarnasi dalam Islam. Namun, sejumlah kalangan umat Muslim menolaknya. Perbedaan pendapat memang wajar, tinggal bagaimana kita menyikapinya.

Inkarnasi
Adalah roh suci yang menjelma, menitis atau mengambil bentuk manusia karena ingin hidup di alam material dunia. Dalam banyak kisah, inkarnasi selalu dilakukan Tuhan sendiri atau dewa.

Dalam agama Hindu, wujud inkarnasi Tuhan dikenal dengan awatara. Sri Krishna adalah salah satu bentuk penjelmaan Tuhan dalam wujud manusia.

Dalam ajaran Nasrani (Kristen), Yesus Kristus yang disebut putra Allah, anak Tuhan disebut sebagai bagian dari awatara dalam Hindu. Lahir dalam wujud manusia ke dunia untuk memberikan petunjuk dan menegakkan kebenaran.

Itulah perbedaan antara reinkarnasi dan inkarnasi. Reinkarnasi adalah proses kelahiran kembali manusia ke dunia setelah mati karena jasadnya rusak, sedangkan inkarnasi adalah penjelmaan atau manifestasi dari Tuhan atau dewa ke dalam wujud manusia.

Tumimbal lahir
Adalah lahir kembali baik jasmani maupun batin atau jiwanya, karena mengalami kerusakan atau kehancuran. Setelah itu, jasmani dan batin lahir dalam bentuk baru akibat perbuatannya selama di dunia.

Teologi ini dianut dalam agama Buddha. Sebetulnya hampir sama istilahnya dengan konsep reinkarnasi. Hanya saja, reinkarnasi dalam Hindu, jiwa atau roh adalah kekal, sedangkan jasmani akan hancur, tapi dalam Budhha, jasad dan jiwa juga mengalami pelapukan dan kehancuran.

Ada tiga prinsip dasar hidup dan kehidupan dari konsep tumimbal lahir dalam agama Buddha, yaitu Anatta adalah tanpa ada ruh, jiwa atau batin yang kekal, Anicca adalah segala sesuatu yang terbentuk dari gabungan beberapa unsur tidak kekal dan Dukkha adalah yang tidak kekal membawa penderitaan.

Samsara
Adalah istilah lain dari tumimbal lahir (kelahiran kembali) yang berulang-ulang tanpa henti. Istilah lainnya adalah sangsara. Hampir mirip juga dengan reinkarnasi, tergantung konteks agama mana yang memaknainya.

Moksa
Adalah lenyapnya jasad material tubuh manusia karena kembali kepada Tuhan, nyawiji, menyatu dengan Yang Maha Esa. Dalam teologi Hindu maupun Buddha, moksa juga disebut kebebasan jiwa dari ikatan duniawi karena sudah mencapai kesadaran "sang diri".

Dalam banyak kisah dan cerita kerajaan-kerajaan di Jawa, sejumlah tokoh mistik atau bahkan raja juga diceritakan ada yang mencapai moksa sehingga tubuhnya lenyap begitu saja tanpa meninggalkan jejak.

Mahapatih Majapahit Gajah Mada adalah salah satu contoh tokoh Nusantara-Indonesia yang dikisahkan mencapai moksa. Cara ini dilakukan dengan melakukan Yoga.

Punarbhawa
Adalah kelahiran kembali. Punarbhawa berasal dari kata punar dan bawa. Punar adalah lagi, bhawa adalah wujud atau keadaan.

Pengertian Punarbhawa menurut Sudirga adalah penitisan, samsara, turun kembali ke dunia, menjelma kembali ke dunia, atau reinkarnasi. Maka, punarbhawa sebetulnya memiliki arti dan makna yang sama dengan istilah-istilah di atas.

Hanya saja, penyebutannya berbeda karena diambil dari bahasa Sansekerta. Konsep Punarbhawa dijelaskan dalam Kitab Suci Hindu, yaitu Bhagawadgita.

Artikel yang mengulas tentang arti, makna, pengertian, kesamaan dan perbedaan reinkarnasi, inkarnasi, tumimbal lahir, samsara, moksa, dan punarbhawa ini adalah edisi filsafat / teologi, bukan untuk justifikasi kebenaran. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Arti Reinkarnasi, Inkarnasi, Tumimbal Lahir, Samsara, Moksa, Punarbhawa"

Poskan Komentar