Premium, Pertalite atau Pertamax, Lebih Bagus & Irit Mana?

Perbandingan premium, pertalite atau pertamax, mana yang lebih bagus dan irit? Apa perbedaan dan keunggulan masing-masing? Begitu pertanyaan yang masuk redaksi berberita.com dari pembaca penggemar otomotif.

Sebelum pabrikan memproduksi sepeda motor atau mobil, mereka sudah melakukan riset panjang mana kendaraan yang cocok untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, pertalite atau pertamax. Karena itu, bisa kita simpulkan bahwa masing-masing kendaraan bermotor punya pakemnya masing-masing.

Artinya, jenis sepeda motor atau mobil tidak selalu cocok atau lebih bagus diisi dengan bensin pertamax meski nilai oktannya tinggi. Namun, di sini kami tidak akan membahas masalah jenis kendaraan mana yang cocok untuk bensin jenis premium, pertalite dan pertamax.

Di sini, kami akan membahas lebih irit mana? Untuk membuktikannya, berberita.com mengutip dari hasil tes konsumsi BBM mana yang paling irit di antara perbandingan premium vs pertalite vs pertamax yang dilakukan Tabloid EM-Plus. Kendaraan yang diuji adalah Yamaha MT-25.

Premium, Pertalite atau Pertamax, Lebih Bagus & Irit Mana

Perbandingan premium, pertalite dan pertamax lebih irit mana
Hasil tes konsumsi BBM
Premium = 130 ml / 5 km atau 1 liter / 23,8 km
Pertalite = 170 ml / 5 km atau 1 liter / 29,4 km
Pertamax = 170 ml / 5 km atau 1 liter / 29,4 km
Pertamax Plus = 190 ml / 5 km atau 1 liter / 26,3 km
Pertamax Turbo = 190 ml / 5 km atau 1 liter / 26,3 km

Kesimpulan hasil tes konsumsi BBM: Penggunaan bahan bakar yang ideal untuk Yamaha MT-25 yang mesinnya hampir sama dengan Yamaha YZF-R25 adalah yang sesuai dengan rasio kompresi mesin. Semakin tinggi atau rendah nilai oktan bensin, justru tidak membuat kinerja pembakaran menjadi tidak optimal.

Dengan begitu, efek dan dampaknya, performa mesin menjadi tidak optimal dan justru konsumsi bensin menjadi semakin boros. Hasil tes ini mungkin bisa dijadikan sebagai acuan untuk sepeda motor atau mobil lainnya. Masing-masing merek dan mesin kendaraan punya kecocokan sendiri, apakah lebih bagus menggunakan pertalite, premium atau pertamax.

Untuk mengetahui lebih bagus dan cocok mana, mesin kendaraan yang Anda pakai dengan jenis bensin, sebaiknya tanya mekanik atau petugas di dealer kendaraan masing-masing. Atau, Anda bisa membaca buku panduan yang diberikan dealer saat Anda membeli kendaraan.

0 Response to "Premium, Pertalite atau Pertamax, Lebih Bagus & Irit Mana?"

Poskan Komentar