Pengertian dari Lomba Triathlon / Trilomba dan Sejarahnya

Pengertian dari lomba Triathlon atau sering disebut trilomba adalah sebuah kompetisi dari tiga cabang olahraga renang, sepeda balap, dan lari sekaligus yang harus diselesaikan atlet dalam satu kesatuan waktu secara berkesinambungan.

Seorang atlet harus bisa menyelesaikan tiga cabang olahraga sekaligus dalam satu kompetisi. Jika salah satu cabang olahraga tersebut tidak bisa dilewati, maka seorang atlet dianggap gagal.

Itulah alasan atau asal-usul kompetisi renang, sepeda dan lari ini dinamakan trilomba atau dalam bahasa Inggrisnya Triathlon yang artinya, tiga cabang lomba digabung dalam satu kompetisi sekaligus.

Sejarah Triathlon pertama kali ditemukan Scott Tinley dan digelar untuk pertama kali dalam sejarah di Negara Perancis pada tahun 1920. Dalam sejarah trilomba modern, kompetisi ini pertama kali diselenggarakan di Pelabuhan Mission San Diego tahun 1974.

lomba triathlon trilomba renang sepeda lari

Di Indonesia, masih sangat jarang kompetisi trilomba ini diadakan. Karena itu, masih banyak yang bertanya-tanya pengertian dari lomba Triathlon / Trilomba, mengingat kompetisi jenis ini masih jarang diadakan.

Di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, lomba Triathlon pertama kali diadakan Kodim 0718/Pati pada 21 Agustus 2016 dengan mengambil lokasi renang di Waduk Seloromo, Kecamatan Gembong. Sebuah tantangan kompetisi yang tidak mudah untuk ditaklukkan, karena mengambil lokasi di alam langsung.

Dalam lomba yang diadakan Kodim 0718/Pati, peserta lomba harus bisa berenang di atas waduk sepanjang 500 meter, kemudian bersepeda 20 kilometer dari Gembong ke Tlogowungu, dan berlari sepanjang 5 kilometer dari Kecamatan Tlogowungu ke Kecamatan Pati.

Peserta harus bisa menyelesaikan tantangan itu secara berkesinambungan. Hal itu yang membuat kompetisi ini sangat sulit untuk ditaklukkan. Namun, bila berhasil, peserta dinyatakan sebagai juara dan diakui punya kemampuan fisik, mental, dan kecedikan yang sangat luar biasa.

0 Response to "Pengertian dari Lomba Triathlon / Trilomba dan Sejarahnya"

Poskan Komentar