Makna Kemerdekaan Indonesia dalam Hubungan Pergaulan Bangsa Lain

Makna kemerdekaan Indonesia dalam hubungan pergaulan dengan bangsa lain adalah bahwa Indonesia memiliki kedudukan, derajat, hak dan kewajiban yang sama dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Dengan demikian, Indonesia yang sudah merdeka secara de facto dan de jure memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam pergaulan antarbangsa, serta menjalin hubungan internasional yang sejajar dan setara.

Hal ini juga menyangkut makna proklamasi di mana proklamasi kemerdekaan yang dibacakan Soekarno menunjukkan bahwa Indonesia menyatakan kemerdekaannnya kepada rakyatnya sendiri, juga kepada bangsa-bangsa lain di dunia.

Dengan proklamasi kemerdekaan, Indonesia dinyatakan berdaulat sehingga negara-negara lain wajib menghormatinya, mengakui, dan menerima dalam hubungan pergaulan dengan bangsa lain. Dalam hal ini, hubungan internasional.

Bendera Merah Putih Indonesia Berkibar

Sebelum merdeka, suatu negara biasanya tidak diakui negara lain sehingga tidak bisa bergaul dan menjalin diplomasi karena belum diakui secara de facto maupun de jure. Hal itu dialami Indonesia selama beradab-abad lamanya, dari percobaan penjajahan Portugis, Spanyol, Inggris, Jepang, hingga paling mutlak dari Belanda.

Setelah kolonialisme, imperialisme dan penjajahan dari Belanda sirna dan Indonesia menyatakan kemerdekaannya yang disertai dengan pengakuan dari negara lain, artinya Indonesia sudah sejajar dengan negara lain, sehingga memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Itulah artikel tentang makna kemerdekaan Indonesia dalam hubungan pergaulan dengan bangsa lain adalah bahwa Indonesia sudah bisa melaksanakan pemerintahan sendiri, berkedudukan yang sama dengan negara lain, termasuk hak dan kewajiban yang sejajar dalam menjalin komunikasi internasional. Semoga artikel ini bisa membantu adik-adik sekolah dasar (SD), SMP, SMA, bahkan mahasiswa. (*)

0 Response to "Makna Kemerdekaan Indonesia dalam Hubungan Pergaulan Bangsa Lain"

Poskan Komentar