Kepanjangan Muspika & Muspida, Unsur-unsur, Anggota dan Tugasnya

Kepanjangan Muspika adalah Musyawarah Pimpinan Kecamatan. Unsur-unsur anggotanya terdiri dari apa saja? Yaitu Camat, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) dan Komandan Koramil (Danramil).

Tugas dari Muspika adalah melakukan koordinasi dengan unsur-unsur anggota di dalamnya. Camat bertugas di bidang pemerintahan, Kapolsek bertugas di bidang keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat, serta Danramil berwenang di bidang wilayah teritorial.

MUSPIDA adalah singkatan dari Musyawarah Pimpinan Daerah. Muspida terdiri dari Bupati, Kapolres, Dandim, Kepala Kejaksanaan Negeri (Kajari), dan Ketua Pengadilan Negeri (PN). Ini disebut dengan Muspida tingkat II.

musyarawah pimpinan daerah muspida

Muspida tingkat 1 terdiri dari apa saja? Unsur-unsur anggotanya adalah Gubernur, Kapolda, Pangdam atau Danrem, Danlantamal, Danlanud, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati), dan Ketua Pengadilan Tinggi. Tugasnya sama, koordinasi untuk tugas dan wewenang masing-masing.

Kesimpulan: Muspika adalah singkatan dari Musyawarah Pimpinan Kecamatan, Muspida adalah kepanjangan dari Musyawarah Pimpinan Daerah (tingkat 2, kabupaten) dan tingkat 1 (provinsi). Muspida juga sering disebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

0 Response to "Kepanjangan Muspika & Muspida, Unsur-unsur, Anggota dan Tugasnya"

Poskan Komentar