Pengertian & Tata Cara Cocktail Party (Panduan Lengkap)

Pengertian cocktail party adalah jamuan yang diselenggarakan pada acara sebelum makan malam. Biasanya, agenda ini tidak memakan waktu lebih dari satu jam. Berikut panduan lengkapnya.

Lantas, apa fungsi, manfaat dan kegunaan cocktail party? Acaranya ini biasanya dilakukan untuk menunggu tamu datang, mengakrabkan dengan tamu dan para kolega bisnis, dan membiasakan supaya tidak menyendiri.

Ada semacam aturan yang sudah menjadi tradisi dalam acara cocktail party. Antara lain, menghindari membuat satu grup, jaga intonasi dan volume dalam berbicara, segera ke ruang perjamuan ketika cocktail party akan selesai, tinggalkan saja makanan atau minuman meski belum habis, dan masuk dengan tenang-tidak berdesakan.

jamuan cocktail party


Tata cara cocktail party
  1. Datang dan isi buku tamu
  2. Mengucapkan salam atau jabat tangan kepada tuan rumah
  3. Ambillah minuman yang sudah disediakan tuan rumah
  4. Carilah posisi yang tidak menyendiri
  5. Sebaiknya hindari berbicara dengan satu orang hingga selesai
  6. Ambil makanan yang dapat dimakan dengan mudah

Sikap
Sebaiknya, jangan bawa anak di bawah umur, jangan bawa banyak teman, jangan pakai sandal, dan berpakaian sesuai dengan dress code. Bila terpaksa pakai sandal, gunakan sepatu sandal atau selop dan gunakan kaos kaki.

Makanan kecil
Makanan kering cukup diambil dengan tangan. Kalau ada piring kecil, ambil secukupnya. Kalau mendapatkan tawaran minuman yang meragukan, sebaiknya tanya jenis dan bahannya. Jangan tinggalkan sendok teh dalam cup dan jangan minum dengan bersuara, misalnya.. sruppp.

Itulah artikel seputar pengertian, aturan dan tata cara cocktail party dalam sebuah jamuan yang bisa dijadikan sebagai panduan lengkap dan singkat. Semoga bermanfaat untuk Anda. (*)

0 Response to "Pengertian & Tata Cara Cocktail Party (Panduan Lengkap)"

Poskan Komentar