Pengertian Perang Proxy War, Contohnya dan Makalah Lengkap

Pengertian proxy war adalah perang terselubung di mana salah satu pihak menggunakan orang lain atau pihak ketiga untuk melawan musuh. Dengan kata lain, proxy war artinya perang tidak tampak menggunakan cara-cara halus untuk menghancurkan dan mengalahkan lawan menggunakan pihak ketiga.

Contohnya begini, Amerika Serikat secara terselubung melalui sebuah konspirasi dan desain besar menyatakan perang kepada Indonesia. Namun, hal itu dirahasiakan dan tidak dinyatakan secara terbuka. Mereka memilih untuk perang dengan cara proxy menggunakan "orang lain".

Orang lain (pihak ketiga) yang dimaksud, bisa berupa negara lainnya, seperti Singapura, Malaysia, Australia, dan sebagainya. Selain negara, pihak ketiga bisa jadi sebuah organisasi (NGO), pergerakan, partai dan lain sebagainya.

Contoh dari pihak ketiga selain negara, seperti ISIS, organisasi terorisme atas Mujahidin dan sebagainya. Mereka kemudian bergerilya atas nama jihad atau agama, padahal mereka dibiayai Amerika.
Pengertian Perang Proxy War, Contohnya dan Makalah Lengkap

Akibatnya, Indonesia dijajah secara tak kasat mata yang berujung pada kerusuhan, bentrok, ketidakamanan, bahkan sampai pada penjajahan sumber daya alam (SDA) berupa penguasaan tambang emas, gas, minyak mentah, kelapa sawit, dan masih banyak lagi lainnya.

Meski tidak dijajah secara fisik-nyata, tetapi Amerika atau Asing berhasil menjajah bangsa dan negara Indonesia melalui proxy war. Dalam khasanah kosakata bahasa Jawa, istilah perang proxy artinya "nabok nyilih tangan."

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata nabok nyilih tangan artinya memukul dengan meminjam tangan (orang lain). Itulah ilustrasi yang bisa mempermudah Anda untuk memahami arti dan makna kata perang proxy war yang sesungguhnya.

Contoh proxy war Amerika kepada Indonesia di atas bukanlah sebenarnya, hanya ilustrasi-penggambaran untuk memudahkan Anda dalam memahami pengertian kata proxy war. Sehingga, tidak bisa dijadikan sebuah referensi atau sumber untuk membuat makalah atau artikel ilmiah.

Contoh proxy war nyata
Timor Timur adalah sebuah pulau yang masuk dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Australia ingin merebutnya karena menyimpan sumber daya alam yang melimpah ruah, seperti minyak dan gas bumi.

Namun, Australia memilih untuk mencoba merebut Timor Timur dari Indonesia melalui proxy war, bukan secara tatap muka menggunakan senjata dan seruan-seruan perang. Australia kemudian menggunakan pihak ketiga yang akhirnya muncul gerakan-gerakan separatis di sana.

Pemberontakan terjadi di Timor Timur. Di jalur diplomasi, Australia berusaha mendekati Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan menggunakan isu hak asasi manusia (HAM) sebagai dalil atau landasan untuk melepaskan Timor Timur dari Indonesia. Proxy war yang dilancarkan Australia pun berhasil.

PBB bahkan mengeluarkan sebuah resolusi Dewan Keamanan supaya memberikan izin pasukan multinasional bisa masuk ke Timor Timur dengan alasan mengembalikan perdamaian, kemanusiaan, dan menghentikan kekerasan. Akhirnya, misi Australia berhasil dan Timor Timur saat ini menjadi negara sendiri bernama Timor Leste.

Itu salah satu contoh nyata proxy war di Indonesia pada zaman Presiden BJ Habibie yang bisa menjadi sumber referensi membuat makalah. Bagaimana dengan perang proxy pada zaman Soekarno, Soeharto, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi)?

Demikian artikel pengertian perang proxy war lengkap dengan contoh ilustrasi dan contoh nyata yang bisa dijadikan referensi untuk membuat makalah, skripsi, tesis, disertasi, essai, atau tulisan lainnya yang bertujuan untuk publikasi ilmiah di bidang politik. (*)

0 Response to "Pengertian Perang Proxy War, Contohnya dan Makalah Lengkap"

Poskan Komentar