Inilah Koleksi Benda Pusaka Presiden Soekarno dan Misterinya

Berberita.com - Presiden RI Ir Soekarno menyimpan banyak koleksi benda pusaka sakti sebagai senjata gaib yang menyimpan tuah untuk kekuasaan, kewibawaan dan keselamatan. Apa saja senjata pusaka andalan gaib Bung Karno? Bagaimana misterinya?

Dikutip Berberita.com dari buku Dunia Batin 2 Macan Asia: Pengalaman-pengalaman Spiritual Bung Karno dan Pak Harto (2014), Ir Soekarno memiliki berbagai macam koleksi benda senjata pusaka andalan yang mengandung unsur mistis dan gaib.

Entah fakta sejarah atau sekadar legenda, ada lima pusaka andalan gaib Bung Karno. Yakni, batu cincin yang membawa peruntungan, tongkat komando, keris sakti, tongkat monyet, dan air mata Kali Yambau.

Presiden Soekarno membawa tongkat komando sakti di Amerika

Batu cincin
Batu cincin milik Soekarno diyakini mengandung tuah yang membawa dampak positif. Bentuknya terdapat lubang cairan hitam dengan biji kecil yang mengapung di atasnya dan tidak tenggelam.

"Jangan lupa. Batu ini membawa untung," ujar si pemberi batu cincin kepada Soekarno. Baginya, batu cincin itu membawa energi positif yang bisa membantunya dalam perjuangan melawan penjajahan Belanda.

Pusaka keris
Bung Karno disinyalir punya keris pusaka keris sakti dari Keraton Yogyakarta. Selain itu, Sang Proklamator ini dipercaya memiliki tiga bilah keris yang merupakan warisan Raja Sisingamangaraja XII.

Ketiga keris diberikan dan diamanahkan kepada Soekarno saat menjalani pengasingan di Sumatera Utara pada masa penjajahan Belanda. Kekuatan gaib yang melingkupi presiden pertama Indonesia ini diyakini yang melindunginya dari berbagai macam ancaman pembunuhan, tetapi gagal dan Soekarno selalu selamat.

Tongkat komando
Sosok Ir Soekarno tidak pernah lepas dari tongkat komando yang membuatnya semakin berwibawa. Ada tiga tongkat komando yang biasa dibawa Bung Karno.

Satu tongkat digunakan atau dibawa saat berkunjung ke luar negeri, satu digunakan untuk berhadapan dengan para jenderalnya, dan satunya lagi dipakai ketika pidato hingga membuatnya menjadi proklamator ulung.

Presiden Kuba, Fidel Castro sempat memegang tongkat komando Ir Soekarno sembari berkata, "Apakah tongkat ini sakti, seperti tongkat kepala suku Indian?" Bung Karno hanya tersenyum lebar dan menampik tentang pandangan tongkatnya yang dianggap sakti itu.

Sejumlah kalangan berpandangan, tongkat komando milik Soekarno berisi keris pusaka ampuh dan sakti yang ada di dalam tongkat. Selain itu, kayu yang dipakai bukan sembarang kayu, tapi terbuat dari kayu pucang kalak yang hanya ada di pegunungan Kalak, Ponorogo, utara Pacitan.

Tongkat monyet
Pusaka andalan ini diperoleh Soekarno saat menjalani pengasingan di Ende, Flores. Di tempat itu, Bung Karno pernah menjalani tapa atau semedi di kawah Tiwy Ata Polo dan Tiwu Nua Muri Koo Faai.

Tongkat yang biasa digunakan untuk jalan-jalan di Kota Ende tersebut memiliki pahatan berbentuk monyet pada bagian kepala tongkat. Bila bertemu dengan penjajah Belanda, Soekarno biasanya memakai tongkat monyet untuk mengarahkan kepala tongkat ke arah muka mereka.

Koleksi senjata pusaka
Mungkin saja, ada banyak koleksi senjata pusaka andalan Soekarno yang belum diketahui publik. Namun, Guruh Soekarnoputra pernah mengatakan, benda-benda pusaka milik ayahnya itu berasal dari leluhur, istana dan negara.

Bentuk pusakanya beragam, seperti tombak, keris, tongkat komando, batu cincin, dan lain sebagainya. Benda itu ada yang didapatkan dari Istana Bogor, Istana Merdeka dan Batutulis.

Pusaka andalan Ir Soekarno kebanyakan berasal dari jalur ayah dan kakek moyangnya yang berdarah Majapahit. Sementara itu, nenek dari ibunya berasal dari keturunan Raja Buleleng.

(BACA JUGA: Terungkap! Misteri Hubungan Soekarno dan Ratu Laut Selatan)

Namun, koleksi benda dan senjata pusaka andalan gaib Presiden Soekarno tersebut masih menjadi misteri apakah sebatas mitos, legenda dan cerita tutur yang berkembang atau justru fakta sejarah? (*)

0 Response to "Inilah Koleksi Benda Pusaka Presiden Soekarno dan Misterinya"

Poskan Komentar