6 Kota Penuh Misteri di Indonesia versi On The Spot Trans 7

JAKARTA, Berberita.com - Ada 6 kota-kota penuh misteri di Indonesia versi On The Spot yang ditayangkan di stasiun televisi Trans 7. Keenam kota tersebut dianggap menyimpan sisi mistis, angker, misterius, dan diliputi dengan nuansa gaib.

Kota Pontianak
Kota ini dikenal dengan Kota Khatulistiwa, karena berada di garis khatuliswa. Kota ini kental dengan sejarah dan cerita mistisnya.

Konon, masyarakat Pontianak yang tinggal di kota ini resah dengan keberadaan hantu kuntil anak yang selalu mencuri anak kecil. Dulu, sebelum ada pemukiman, kota ini adalah hutan belantara yang berada di tiga persimpangan sungai.

Yakni, Sungai Landak, Kapuas, dan Sungai Kapuas Kecil. Penduduk yang hidup di kawasan belantara resah, karena selalu diganggu hantu kuntilanak yang tinggal di pepohonan.

Lantas, Syarif Abdur Rahman bin al-Habib Husein al-Qadri memimpin masyarakat untuk mengusir hantu-hantu penculik anak kecil itu. Kemudian, Syarif Abdul Rahman al Qadri ditetapkan sebagai pendiri Kerajaan Pontianak.

Ilustrasi Foto Penampakan Hantu Kuntilanak di Hutan Angker Pontianak

Dalam kisah asal-usulnya, Syarif Abdur Rahman bin al-Habib Husein al-Qadri bersama masyarakat juga menggunakan meriam dari bambu untuk mengusir hantu-hantu yang hidup di pepohonan tersebut.

Sampai saat ini, sejarah pengusiran hantu menggunakan meriam itu menjadi tradisi warga Pontianak untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Sejarah itu menjadi asal mula kota ini dinamakan Pontianak.

Padang 12, Kota Ketapang, Kalimantan Barat
Daerah ini sudah lama dikenal warga sebagai Kota Gaib. Sebab, kota seluas 12.000 meter persegi ini hanya terdapat hamparan luas yang dipenuhi dengan rumput, pepohonan dan ilalang yang sepi-sunyi.

Di kawasan ini, penampakan hantu, jin, atau sebangsa makhluk halus acapkali terlihat warga yang melintas. Warga menyebut makhluk gaib itu sebagai manusia kebenaran.

Bentuk fisik penampakan manusia kebenaran adalah tidak punya garis hidung di atas bibir. Di film fantasy sihir Harry Potter, sosok yang tidak memiliki garis hidung adalah Lord Voldemort.

Sebuah artikel/berita menyebut, Padang 12 adalah kota gaib yang mewah di Pulau Kalimantan bagian barat. Sosok atau wujud manusia kebenaran tersebut oleh masyarakat disebut juga orang Limun atau manusia suci, jujur, serta taat beribadah.

Ada pula yang menyebut, mereka adalah sosok jin muslim yang bermukim di kawasan Padang 12 beratus-ratus tahun lamanya.

Kota Banyuwangi, Jawa Timur
Daerah yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini sudah lama dikenal sebagai kota mistis di Indonesia. Praktek perdukunan, santet, tenung, teluh dan sihir sempat marak dan menggemparkan penduduk lokal.

Bahkan, sejumlah kematian warga ditengarai akibat adanya santet dari para dukun yang meresahkan warga. Pada 1998, ada tragedi besar pembantaian seratus orang yang diduga sebagai dukun yang melakukan praktik perdukunan. Warga kemudian menyebut tragedi itu sebagai "Tragedi Santet Banyuwangi".

Yogyakarta
Kota ini tidak pernah lepas dari budaya mistis yang amat kental, mulai dari tradisi jamasan pusaka bersejarah seperti keris, larung sesaji penguasa selatan Ratu Kidul, tradisi adat malam satu syuro dengan upacara di kawasan wisata Kaliurang tanpa bicara apapun, dan lain sebagainya.

Baca: Kisah Mistis Hubungan Presiden Soekarno dan Nyi Roro Kidul

Penduduk setempat meyakini atau percaya dengan roh leluhur. Benda-benda pusaka bersejarah itu diagungkan oleh pihak kerajaan atau keraton. Karena itu, tradisi jamasan pusaka benar-benar memiliki arti dan makna yang sangat sakral bagi warga sebagai salah satu tradisi pemberkatan roh leluhur untuk menjaga keselamatan dan keselarasan masyarakat Yogyakarta.

Selain Jogja, tradisi dan ritual adat semacam itu juga ada di Solo atau Surakarta. Kedua kota itu dulunya masih dalam satu kerajaan, yaitu Mataram yang didirikan Raden Danang Sutowijoyo bergelar Panembahan Senopati. Namun, Mataram akhirnya pecah menjadi dua, sehingga punya dua keraton. Jogja dan Solo.

Saranjana, Kota Gaib di Kalimantan Selatan
Kota Saranjana yang berada di Kalimantan Selatan sudah tidak asing lagi bagi warga sekitar pulau Borneo. Daerah ini disebut-sebut sebagai Kota Gaib.

Sebagai Kota Gaib, Saranjana adalah sebuah pulau kecil yang sangat indah dan mempesona. Penduduknya hampir semuanya dari bangsa jin. Tidak ada satu orang pun yang tinggal di Pulau Ghaib tersebut.

Bahkan, saking misteriusnya pulau ini, sampai-sampai tidak ada dalam peta Indonesia. Pada tahun 1980, banyak para pengusaha asal Jakarta yang akan mengantarkan alat berat yang dibeli warga dari Kota Saranjana dengan lunas.

Setelah dicari-cari, orang yang memesan barang itu benar-benar tidak ada. Pemerintah Kota Baru pun dibuat pusing dengan realitas itu. Benar-benar aneh bin ajaib, tapi nyata.

Pati Kota Seribu Paranormal
Kabupaten ini sudah amat terkenal di Indonesia sebagai Kota Seribu Paranormal. Dilihat dari letak geografisnya, Pati dikelilingi makam-makam para waliyullah.

Kabupaten Pati masuk Kota Misteri di Indonesia versi On The Spot Trans 7

Di bagian barat, terdapat Makam Kanjeng Sunan Kalijaga di Demak, ada juga Sunan Kudus di Kudus, dan Sunan Muria di puncak pegunungan Muria. Aktivitas paranormal asal Pati membuat banyak dikunjungi banyak orang.

Pengunjung yang datang berasal dari kota-kota besar untuk meminta pesugihan atas usaha atau bisnisnya. Namun, tidak semua berhasil. Hanya orang-orang tertentu yang bisa ambil pesugihan di Kabupaten Pati dan menjadi kaya raya.

Baca: 7 Lokasi Angker di Pati yang Dikunjungi Mister Tukul Jalan-Jalan

Itulah 6 Kota-kota yang penuh dengan misteri di Indonesia versi On The Spot yang ditayangkan stasiun televisi Trans 7. Selalu ada cerita, kisah dan sejarah mistis, angker, nan diliputi dengan fenomena gaib di enam kota tersebut. (*)

0 Response to "6 Kota Penuh Misteri di Indonesia versi On The Spot Trans 7"

Poskan Komentar