Potensi Wisata Desa di Kabupaten Wonosobo Terus Dikembangkan

WONOSOBO, Berberita.com  – Bupati Wonosobo Eko Purnomo rencananya akan memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan potensi wisata desa (village tourism) di Kabupaten Wonosobo. Hal itu disampaikan Eko dalam konferensi pers yang digelar di Aula Agrowisata PT Tambi, Desa Tambi, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat (3/6).

“Potensi wisata desa di Wonosobo memang sangat bagus. Karena itu, kami akan mengembangkan wisata desa dalam waktu dekat. Sayangnya, masih ada kendala sejumlah infrastruktur, seperti akses jalan dan fasilitas yang menunjang desa untuk dijadikan sebagai obyek wisata,” ujar Eko.

Kendati begitu, Eko rencananya akan memanfaatkan dana desa untuk membangun sejumlah infrastruktur sebagai penunjang wisata desa, di antaranya akses jalan, pembangunan toilet, hingga keamanan. Dengan infrastruktur yang memadahi, pengunjung diharapkan bisa nyaman saat mengunjungi wisata desa di sejumlah tempat di Kabupaten Wonosobo.

gardu pandang tieng dieng kecamatan wonosobo, jawa tengah
Gardu Pandang Tieng di Kawasan Wisata Dieng, Kecamatan Wonosobo, Jawa Tengah

“Kami menyadari, pariwisata mesti didukung dengan fasilitas yang menopang dengan baik. Setelah dana desa diupayakan untuk membangun desa wisata, tinggal bagaimana pihak desa bisa mengembangkan dengan baik, termasuk optimalisasi sumber daya manusia (SDM) desa,” paparnya.

Eko mengatakan, ada puluhan objek wisata desa (village tourism) yang ia dorong untuk berbenah. Desa-desa yang diakui memiliki potensi wisata unggulan, di antaranya Erorejo dengan Lubang Sewu, Sendangsari dengan wisata pertanian dan seni budaya, hingga Desa Karangsari yang mengunggulkan potensi banyak curug indah dan mempesona.

“Kami bahkan mendorong pihak desa untuk membuat homestay bagi wisatawan,” imbuhnya. Selain untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau wisatawan, banyaknya obyek wisata desa (village tourism) diharapkan memberikan efek positif, yaitu dampak ekonomi dan peningkatan derajat kesejahteraan warga Wonosobo.

Eko menambahkan, banyak objek wisata di desa, yang apabila dikembangkan dan dibenahi mampu tampil menjadi destinasi wisata unggulan seperti Kawasan Wisata Dieng.

Pilihan ke objek wisata desa, menurut Eko juga sebuah alternatif cerdas, karena selain masih alami, berkunjung ke objek wisata desa juga ramah di kantong. “Banyak objek wisata desa yang belum memberlakukan tarif masuk, kecuali biaya untuk parkir kendaraan,” tandasnya. (*)

0 Response to "Potensi Wisata Desa di Kabupaten Wonosobo Terus Dikembangkan"

Poskan Komentar