Tips Memilih Jurusan Kuliah di Kampus yang Menjanjikan

Berberita.com - Anda ingin memilih jurusan kuliah di kampus perguruan tinggi yang menjanjikan sesuai bakat berdasarkan kepribadian? Berikut tips dan kiatnya untuk Anda.

Diakui atau tidak, perguruan tinggi adalah tempat yang paling menentukan bagi seseorang untuk sukses. Bila mahasiswa terjebak pada hingar bingar pergaulan bebas, maka masa depannya akan tergadaikan.

Di kampus, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk belajar dan meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) tinggi. Mahasiswa juga dituntut untuk menjalin relasi, pertemanan dan persahabatan sehingga jaringannya luas.

Dari jaringan tersebut, tidak sedikit mahasiswa yang sehabis lulus kuliah dari kampus justru mendapatkan kerja dan peluang beasiswa S2 dari relasi yang dibangun dengan siapapun.

Bisa dibilang, ijazah justru tidak laku karena karier dan jalan hidup setelah kuliah ternyata berasal dari keahlian membangun jaringan selama kuliah. Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk mengasah bakat berdasarkan kepribadian.

Di perguruan tinggi, biasanya ada beragam unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang bisa Anda pilih. Misalnya, UKM jurnalistik atau penerbitan, musik, seni budaya, palang merah remaja, pencinta alam dan lingkungan, koperasi dan bisnis, hingga politik seperti badan eksekutif mahasiswa (BEM).

foto sarjana lulusan terbaik

Tips menentukan jurusan kuliah
Dalam banyak kasus, tidak semua mahasiswa yang lulus di perguruan tinggi favorit mendapatkan kerja yang menjanjikan dan nyaman. Justru, pekerjaan seseorang paling banyak ditentukan sesuai bakat, keahlian (skill), hingga berdasarkan kepribadian.

Sebagai contoh, mahasiswi mengambil jurusan hukum di Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Setelah lulus, ada yang bekerja sebagai jurnalis, pengusaha, karyawan dan sebagainya.

Namun, ada pula yang kerja sesuai bakat. Dari jurusan hukum, mereka jadi hakim, advokat atau pengacara, konsultan, mediator, dan pekerjaan jalur hukum lainnya.

Jika Anda masih kelas 3 sekolah menengah atas (SMA), sebaiknya buat daftar jurusan yang akan Anda pilih sesuai bakat atau berdasarkan kepribadian.

Kalau Anda diterima, selamat! Anda kuliah di universitas yang Anda kehendaki. Bila Anda bahagia dalam kuliah, apalagi jurusannya sesuai dengan bakat dan berdasarkan kepribadian, kesuksesan akan mudah Anda gapai.

Semua berawal dari cinta. Kalau Anda sudah cinta dengan jurusan Anda, maka kesuksesan makin mudah diraih. Namun, jangan salah dengan jalan yang diberikan Tuhan.

Tuhan kadangkala memberikan nasib dan jalan yang berbeda. Itu bukan karena Tuhan tidak sayang, tetapi memilihkan jurusan di kampus yang terbaik dan paling menjanjikan untuk masa depan Anda.

Kalau itu terjadi, jangan sesali. Jalani hidup dengan bahagia, selalu bersyukur dan bersabar. Niscaya Tuhan akan membuka jalan untuk Anda. Ingat! Tidak ada jurusan kuliah yang menjanjikan, selain dari diri Anda sendiri. (*)

0 Response to "Tips Memilih Jurusan Kuliah di Kampus yang Menjanjikan"

Poskan Komentar