Pengertian Hak Pakai Atas Tanah dan Contoh Kasus

Pengertian hak pakai atas tanah adalah hak untuk menggunakan hasil tanah yang dikuasai negara atau milik orang. Definisi yang lebih mudah dan sederhana begini, kita menyewa tanah untuk digarap.

Bagi orang desa, sewa tanah biasanya hanya menggunakan secara lisan dan langsung dibayar tunai. Namun, hal itu punya tingkat risiko yang tinggi. Karena itu, sebaiknya buat perjanjian sewa tanah menggunakan hak pakai atas tanah.

Contoh kasus hak pakai yang dilansir dari Solopos. Warga Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa tengah menggugat keputusan Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait kasus tanah sengketa di desa setempat.

Surat Keputusan (SK) hak pakai Nomor 7 Tahun 2004 atas warga desa dibatalkan. Sontak, warga menggungat dengan menempuh jalur hukum. Pihak desa menilai, tanah yang merupakan bondo deso itu harus dikembalikan kepada warga.

hak pakai ruko pertokoan murah

Namun, Kepala BPN Boyolali mengaku, sertifikat hak pakai itu dibatalkan dengan alasan berada di atas hak guna bangunan yang belum habis dan masih berlaku. Dengan begitu, hak pakai atas tanah tidak bisa digunakan.

Warga dalam keterangannya menyebut, tanah seluas 4.000 meter itu digunakan sebuah yayasan pendidikan dan dijual kepada pihak ketiga, kemudian dikapling-kapling hingga ada bangunan rumah dan ruko.

Padahal, statusnya adalah hak pakai atas tanah yang tidak bisa menjadi hak milik. Dengan demikian, yayasan tidak diperbolehkan untuk memperjualbelikan tanah itu, lantaran sertifikatnya hak pakai bukan hak milik.

Contoh kasus itu menunjukkan bahwa transaksi yang urusannya dengan tanah harus dibuat sesuai dengan prosedur hukum ada sertifikatnya, sehingga tidak ada masalah di kemudian hari apakah statusnya hak milik, hak pakai, atau lainnya.

BACA JUGA: Hak Pakai Atas Tanah untuk Warga Negara Asing (WNA)

Demikian artikel pengertian definisi hak pakai atas tanah dan contoh kasus yang bisa dijadikan referensi untuk membuat makalah, karya ilmiah, skripsi, tesis, disertasi selama mencantumkan sumber. (*)

0 Response to "Pengertian Hak Pakai Atas Tanah dan Contoh Kasus"

Poskan Komentar