Jenis jenis Tingkatan Status Kepemilikan Tanah Lengkap

JAKARTA, Berberita.com - Ada banyak jenis-jenis tingkatan status kepemilikan tanah. Anda harus mempelajarinya, karena urusan properti itu uangnya banyak sehingga tidak rugi atau tertipu di belakang. Simak ulasan lengkapnya.

Selama ini, sejumlah masyarakat ada yang menyangka bila bukti kepemilikan hak atas bangunan cukup dengan izin mendirikan bangunan (IMB), surat perjanjian jual beli, surat pemberitahuan pajak terutang pajak bumi dan bangunan (SPPT PBB), surat keterangan pembagian waris, atau bukti transaksi berupa kuitansi atau tanda pembayaran.

Padahal, bukti kepemilikan yang dijamin secara hukum adalah sertifikat kepemilikan tanah yang dikeluarkan badan pertanahan nasional (BPN). Karena itu, resiko bila tidak tahu status kepemilikan tanah akan menuai masalah di kemudian hari bila terjadi kasus yang rumit diselesaikan secara kekeluargaan.

Ingat, kepemilikan tanah harus melalui bukti tertulis yang mendapatkan pengakuan hukum. Sertifikat itu sangat perlu supaya menjadi bukti yang sah bahwa kita adalah pemilik hak atas tanah dan lain sebagainya.
Jenis jenis Tingkatan Status Kepemilikan Tanah

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Agraria (UUPA), jenis-jenis status kepemilikan tanah ada beberapa tingkatan, yaitu:

  1. Hak Milik (right of ownership)
  2. Hak Guna Usaha (right of use)
  3. Hak Guna Bangunan (right to build)
  4. Hak Pakai

Silakan pilih daftar di atas untuk membaca lebih detail dan lengkap seputar jenis kepemilikan tanah. Selain empat di atas, ada pula istilah hak sewa bangunan (right of lease building), hak membuka tanah (right of clear land), hak memungut hasil hutan (right to harvest forest product).

Ada pula hak-hak yang sifatnya sementara, di antaranya hak guna air, hak pemeliharaan dan penangkapan ikan, hak guna ruang angkasa, dan lain sebagainya.

Itulah jenis jenis status kepemilikan tanah lengkap yang terdiri dari beberapa tingkatan. Artikel ini bisa dijadikan referensi makalah, karya ilmiah, skripsi, tesis, atau disertasi selama mencantumkan sumber. (*)

0 Response to "Jenis jenis Tingkatan Status Kepemilikan Tanah Lengkap"

Poskan Komentar