Cara Membuat Olahan Pangan dari Azolla microphylla

Azolla microphylla adalah tanaman paku air genus dari suku Azollaceae yang biasa hidup subur di atas air areal persawahan padi maupun kubangan air. Bentuknya kecil-kecil berwarna hijau dan terdapat semacam akar kecil.

Dalam penelitian, riset dan pengembangan dunia pertanian sampai saat ini baru menemukan bahwa tanaman Azolla microphylla bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik alami dan pakan ternak. Apakah bisa dibuat makanan? Bagaimana cara membuat olahan pangan dari Azolla microphylla?

Sebelum membahas apakah tanaman paku air ini bisa dijadikan sumber pangan alternatif bagi manusia atau tidak, redaksi Berberita.com akan terlebih dahulu mengupas kandungan gizi atau nutrisi yang terkandung di dalam Azolla microphylla.

Kandungan protein yang tinggi membuat tumbuhan Azolla microphylla dijadikan sebagai pakan ternak yang mengandung nilai gizi tinggi. Selain itu, kemampuan Azolla dalam mengikat nitrogen dimanfaatkan petani untuk menjadi pupuk organik alami.

Dunia pertanian pun semakin tahu manfaat dan fungsi tanaman Azolla microphylla bagi kehidupan. Ternyata, tumbuhan paku berwarna hijau yang sepertinya tak berguna itu ternyata menyimpan sejuta manfaat dan kegunaan yang tinggi dalam kehidupan pertanian dan peternakan.

foto tanaman azolla microphylla

Cara membuat olahan pangan dari Azolla microphylla
Ada yang mengejutkan dari temuan para pegiat pertanian di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Sebuah komunitas organik di Pati memanfaatkan tanaman yang lazim dijadikan pakan ternak dan pupuk ini sebagai makanan atau camilan yang lezat.

Tidak percaya? Adalah Endah Tri Yusnita, wanita yang membuat olahan pangan dari Azolla microphylla berupa camilan stik. Reporter Berberita.com pun sempat mencicipi stik tersebut. Dan, rasanya begitu renyah dengan aroma khas Azolla. Berikut resepnya untuk Anda.

Bahan-bahan, alat dan resep
Bahan-bahan meliputi Azolla microphylla 2 ons, gula 3 sendok teh, garam 3 sendok teh, telur dua butir, mentega satu ons, dan minyak secukupnya.

Alat yang digunakan adalah blender, penggilingan, saringan, kompor, wajan dan pisau.

Cara membuatnya, pertama: Azolla dicuci bersih dan diblender dengan air satu gelas. Kedua, campurkan gula, garam, telur, mentega, tepung, dan azolla yang sudah disaring.

Ketiga, uleni hingga kalis, digiling menggunakan gilingan mie. Selanjutnya, tinggal digoreng. Diamkan sampai dingin, tinggal makan atau dikemas. Bagaimana? Tertarik budidaya menanam Azolla microphylla?

0 Response to "Cara Membuat Olahan Pangan dari Azolla microphylla"

Poskan Komentar