10 Ciri-ciri Madu Klanceng (Trigona) Asli dan Palsu

Berberita.com - Ciri-ciri madu klanceng (Trigona Sp) asli dan palsu bisa dibedakan dengan mudah apabila Anda tahu tips, kiat dan cara membedakan madu klanceng asli dan palsu (campuran). Begini cara gampangnya!

Bila Anda beli madu di toko, Anda harus waspada. Bukan masalah dicampur gula atau palsu, yang lebih tidak terlihat adalah madu klanceng dicampur dengan madu asli tapi jenis yang lebih murah.

Kenapa? lebah atau tawon madu memproduksi madu sangat sedikit sehingga harganya mahal. Dalam satu tahun, satu koloni madu Trigona hanya menghasilkan tiga sampai lima liter madu saja.

Karena itu, madu klanceng barangnya sangat langka dan sulit didapat. Kalaupun ada yang asli, harganya mahal. Mulai dari Rp 130 ribu hingga Rp 200 per botol ukuran Sirup Marjan.

Ingat! hampir semua pedagang madu nakal, tetapi tidak semua. Dia bilang madu klanceng asli, tetapi nyatanya dicampur dengan madu lainnya non klanceng. Maka, Anda harus cerdas dan pintar memilih dan membedakan madu trigona asli atau palsu.

madu klanceng trigona asli

Cara membedakan madu klanceng asli dan palsu
Sedikitnya ada 10 ciri-ciri madu klanceng asli. Namun, di sini akan dijelaskan dengan cara yang paling mudah dan gampang saja.

Pertama, ciumlah madu trigona. Baunya sangat menyengat kecut sekali. Ingat! yang benar-benar asli baunya benar-benar menyengat.

Kalau baunya cuma kecut tidak menyengat, bisa jadi itu dicampur dengan madu biasa entah berapa persen kadarnya. Apalagi kalau baunya tidak kecut sama sekali, itu dipastikan bukan madu klanceng!

Kedua, coba rasakan. Rasa madu trigona asli bercampur antara kecut/asam, manis, dan pahit agak aneh beda dengan madu biasa. Bahasa Jawanya, kecutnya itu sampe "nyegrak".

Kamu pasti sampe memejamkan mata menahan rasa asamnya yang nyegrak. Kalau kecutnya biasa agak kalem, itu kemungkinan dicampur dengan madu asli tapi jenis biasa, bukan klanceng. Mungkin bisa dioplos dengan madu lebah hutan atau ternak biasa.

Ketiga, dilihat dari warnanya, madu tawon trigona asli kuning agak kecoklatan atau kehitaman, dan keruh. Bila ada madu yang tulisan labelnya klanceng asli tapi warnanya kuning jernih dan bening seperti minyak, itu bisa dipertanyakan keasliannya.

Keempat, madu trigona bentuk, karakter, dan ciri-ciri fisiknya lebih encer ketimbang madu biasa/apis. Kok bisa? Sebab, lebah klanceng mengkonsumsi mineral lebih banyak.

Kelima, cobalah kocok-kocok madu dan diamkan beberapa saat. Madu tawon trigona cenderung mudah meletup saat tutup botol dibuka.

Khasiat madu klanceng
Percaya atau tidak, madu trigona punya sejuta khasiat dan manfaat yang ampuh untuk kesehatan. Bahkan, untuk mencegah dan mengobati beragam penyakit ganas.

Dalam tujuh menit saja, madu klanceng bisa dengan cepat menyatu dengan darah kemudian mengalir ke seluruh tubuh sehingga bersifat cepat menyembuhkan. Bisa dikatakan, madu trigona sepuluh kali lipat lebih ampuh daripada madu hutan/ternak biasa.

Coba konsumsi madu klanceng secara rutin pagi dan sore setiap hari. Niscaya, Anda terbebas dari segala macam penyakit. Kandungannya kaya akan vitamin lengkap, mineral lengkap dan enzim-enzim utama yang dibutuhkan tubuh manusia.

Khasiat madu klanceng, antara lain meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh, mencegah penyakit stroke, peredaran darah lancar, meningkatkan fungsi jantung dan kecerdasan otak, memperbaiki sel tubuh, menghilangkan letih dan rasa malas alias roso-roso, meningkatkan kecerdasan anak, bisa dikonsumsi penderita diabetes, mencegah kanker ganas, penyembuhan setelah operasi, dan sejuta manfaat lainnya.

Itulah artikel lengkap seputar ciri-ciri madu klanceng asli, disertai tips, kiat dan cara membedakan madu trigona asli dan palsu. Semoga bermanfaat. (*)

0 Response to "10 Ciri-ciri Madu Klanceng (Trigona) Asli dan Palsu"

Poskan Komentar