Jenis jenis obat HIV AIDS & cara mendapatkan gratis

Berberita.com - Ada banyak jenis jenis obat HIV/AIDS dan cara mendapatkan obat HIV atau ARV (Antiretroviral) gratis itu mudah, asal tahu tata cara, serta prosedurnya. Apa saja dan bagaimana caranya?

Setiap penderita HIV AIDS memiliki cara yang berbeda dalam mengobatinya, termasuk jenis-jenis obat yang digunakan juga berbeda. Biasanya, orang dengan HIV AIDS (ODHA) minum tiga jenis obat kombinasi sekaligus dalam bentuk pil.

Misalnya, obat kombinasi HIV Lamivudine, Tenofovir, dan Efavirenz. Ada juga yang menggunakan kombinasi obat antara Efavirenz, Zidovudine dan Lamivudine.

Semua harus sesuai dengan resep dokter. Jangan asal-asalan minum obat ya? Ada juga yang alergi dengan jenis obat HIV Zidovudine hingga menyebabkan anemia.

Setiap Odha punya cara sendiri dalam pengobatan. Yang jelas, obat itu harus diminum setiap hari. Jangan lupa, makanlah makanan yang bergizi dan olahraga teratur, serta buat pikiran selalu bahagia.

Hal itu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Obat HIV sendiri tidak akan bisa membunuh virus, tetapi hanya menghambat laju pertumbuhan virus HIV agar tidak semakin berkembang biak secara ganas yang akhirnya membuat penderita meninggal dunia.

foto jenis jenis obat hiv arv
Bentuk jenis jenis obat untuk penyakit HIV atau ARV. Copyright: Berberita.com

Jenis jenis obat HIV AIDS
Ada banyak daftar nama jenis obat HIV, antara lain sebagai berikut:
- Lamivudine
- Zidovudine
- Efavirenz
- Nevirapine
- Tenofovir
- dan lainnya

Cara mendapatkan obat HIV ARV gratis
Informasi yang dihimpun Berberita.com, cara mendapatkan obat ARV gratis adalah dengan menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten/kota (DKK) di mana penderita tinggal.

Syarat-syaratnya cukup mudah. Tinggal datang saja ke sana, tanya: Apa saja syarat untuk mendapatkannya secara gratis.

Kenapa gratis? Ya, itu bagian dari program pemerintah untuk memberikan fasilitas bagi Odha. Sebagai tips, minum secara teratur obatnya sesuai dengan dosis.

Kalau tidak teratur, bisa jadi virus yang ada dalam tubuh bisa resisten dan tidak mempan lagi terhadap obat yang biasa diminum. Akibatnya, Odha harus minum obat lini 2 yang hanya bisa didapatkan di tingkat provinsi.

Itulah artikel sederhana seputar daftar nama jenis jenis obat HIV ARV dan cara mendapatkannya secara gratis di Dinas Kesehatan Kabupaten/kota masing-masing. Semoga bermanfaat, hindari seks bebas dan narkoba! (*)

0 Response to "Jenis jenis obat HIV AIDS & cara mendapatkan gratis"

Poskan Komentar