Indonesia Raih 2 Medali Emas International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO)

Berberita.com - Dua tim peneliti muda dari Indonesia meraih dua medali emas (gold medal) dalam lomba International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) di Georgia, Eropa Timur, Minggu (24/4).

Tim pertama adalah Suprihatin dan Raafi Jaya Sutrisna dari SMA PGRI 2 Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tim kedua adalah Alfian Nurfaizi dan Arum Ayu Ratna Wilis dari SMA Negeri 2 Lamongan, Jawa Timur.

Peneliti muda dari SMA PGRI 2 Kayen memilih judul penelitian karbon aktif singkong dan serat batang pisang sebagai material alternatif untuk industri pesawat terbang, kapal dan otomotif.

"Di Pati, keberadaan limbah kulit singkong sangat melimpah, terutama di Kecamatan Margoyoso di mana banyak pabrik tapioka di sana. Dalam sebulan, ada 1 ton kulit singkong. Itu yang kita manfaatkan dalam project penelitian ilmiah ini. Batang pisang juga banyak di Pati. Kedua bahan itu bisa dimanfaatkan sebagai fiber atau komposit yang kuat, ringan, murah, dan tahan api untuk bahan interior pesawat terbang, kapal dan industri otomotif lainnya," ujar Raafi saat didatangi Berberita.com di sekolahnya.

Gold medal International Young Inventors Project Olympiad

Atas karya gemilangnya yang diharapkan bisa menjadi bahan alternatif untuk industri otomotif, pesawat terbang dan kapal tersebut, kedua peneliti dari SMA PGRI 2 Kayen itu mendapatkan penghargaan medali emas dari International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO).

Sementara itu, dua siswa SMAN 2 Lamongan memilih penelitian berjudul Analisis Pengaruh Pemberian Antibiotik dari Tubuh Lalat Rumah terhadap Bakteri E coli dengan Metode Total Plate Count dalam Upaya Pengobatan Penyakit Diare Manusia. Temuan yang gemilang itu pun mendapatkan medali emas.

Tercatat, judul yang diambil pelajar SMA PGRI 2 Kayen mengambil bidang fisika material, sedangkan SMAN 2 Lamongan mengambil bidang biologi dan ekologi. Ada enam bidang yang dilombakan, empat di antaranya adalah matematika, kimia, teknologi informasi (TI), dan permesinan (engineering).

35 negara yang ikut lomba penelitian ilmiah tingkat internasional itu, di antaranya Amerika Serikat (US), Kazakhstan, Bosnia Herzegovina, Turkmenistan, Azerbaijan, Belarus, Indonesia, Pakistan, Vietnam, Ukraine, Nigeria, Macedonia, Mongolia, Afganistan, Turkey, Uganda, South Africa, Tajikistan, Chad, Afganistan, Switzerland, Malaysia, Jordan, Denmark, Philipina, Ekuatorial Guenia, Kyrgistan, Mesir, Moldavia, Kenya, Romania, India, Somalia, Irak, Slovakia, Thailand, Uganda, Germany (Jerman), Macedonia, Albania, dan lainnya. (*)

0 Response to "Indonesia Raih 2 Medali Emas International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO)"

Poskan Komentar