Arti Makna & Tafsir Agama Budi Sabdo Palon

Berberita.com - Apa arti, makna, maksud dan tafsir agama budi yang disebut-sebut Sabdo Palon dan Naya Genggong dalam berbagai kisah tentang runtuhnya Kerajaan Majapahit dan munculnya agama Islam?

Pada suatu zaman dalam kisah babad, Prabu Brawijaya V, raja terakhir dari Kerajaan Majapahit memenuhi permintaan Kanjeng Sunan Kalijaga untuk masuk agama Islam. Sementara itu, dua abdinya, Sabda Palon dan Naya Genggong tidak merestuinya.

Kedua abdi itu bukan sembarang orang. Dia diyakini, bahkan mengaku sebagai pengasuh raja-raja Jawa yang lahir mewujud menjadi manusia dari zaman ke zaman untuk mengasuh dan memberikan nasehat kepada raja-raja atau penguasa Jawa.

Sembari menolak ajakan Prabu Brawijaya, Sabda Palon berkata: "Apabila sudah datang waktunya, genap lima ratus tahun, mulai hari ini, saya akan ganti agama (di Jawa). Agama Budi akan saya sebarkan di tanah Jawa."

Pernyataan itu tercatat dalam Serat Sabdo Palon Pupuh Sinom. Yang dimaksud Agama Budi, bukanlah agama Buddha. Lantas, apa arti, maksud, makna dan tafsir agama Budhi yang dimaksud Sabda Palon?

foto sabda palon pengasuh raja-raja jawa

Tafsir agama budi
Damar Shashangka dalam buku novel sejarahnya, Sabda Palon Kisah Nusantara yang Disembunyikan menafsirkan, agama budhi adalah sistem kesadaran yang dewasa untuk menyikapi kebhinnekaan yang ada.

Bisa juga diartikan, beragama budi artinya kembali menyelami intisari, substansi ajaran agama berdasarkan maitri, metta, kasih, atau rahmatan lil alamin.

Pada zaman Majapahit, agama Siwa dan Buddha saling menghidupi begitu harmonisnya. Bahkan, muncul sinkretisme dari dua ajaran tersebut menjadi agama Siwa Buddha.

Di Indonesia zaman modern ini, manusia yang beragama saling menyalahkan, mengkafirkan, merasa benar sendiri dan orang lain salah, berpikiran dangkal dan sempit. Itu sesuai yang diramalkan Sabdo Palon pada era-era runtuhnya Majapahit.

Di tengah kesadaran manusia Nusantara yang dangkal itulah, suatu saat Sabdo Palon akan menjelma menjadi manusia kemudian akan menyebarkan agama Budi. Sebuah agama universal di mana masing-masing pemeluk agama mengerti intisari dan substansi dari agama masing-masing, kemudian saling menghormati perbedaan dalam bingkai bhinneka tunggal ika. (*)

0 Response to "Arti Makna & Tafsir Agama Budi Sabdo Palon"

Poskan Komentar