10 Khasiat Mengejutkan Tanaman Sambung Nyawa, Ajaib!

Tanaman sambung nyawa dalam bahasa ilmiah atau latin adalah Gynura procumbens. Tumbuhan yang sering disebut dengan nama sambung nyowo atau akar sebiak ini sudah dikenal manusia Nusantara sebagai tanaman obat yang kaya akan khasiat dan manfaat. Apa khasiat mengejutkan dari tanamaan sambung nyawa?

Dari informasi yang dihimpun Berberita.com dari banyak sumber, salah satunya Wikipedia dan wawancara petani, tanaman ini tumbuh subur di Jawa, Sumatera, hingga Bali. Daun sambung nyawa punya segudang khasiat, manfaat dan kegunaan untuk mengobati darah tinggi, kolesterol, tumor, kencing manis, lever, wasir, maag, hingga gigitan ular.

Hal itulah yang membuat tanaman ini dalam sejarahnya dinamakan sambung nyawa yang dinilai masyarakat Indonesia bisa menyambung nyawa. Artinya, menyambung kembali nyawa dari kematian akibat penyakit.

Foto Tanaman Sambung Nyawa Gynura procumbens

Tanaman sambung nyawa bisa dikembangbiakkan dengan dua cara, yaitu stek dan tunas akar. Kalau kamu ingin mengembangbiakkan dengan cara stek, sebaiknya buatlah stek sepanjang 15 sampai 20 cm.

Hasilnya akan luar biasa. Tapi, bila Anda ingin menggunakan cara tunas akar, cukup pisahkan anakan yang tumbuh dari akar dengan induknya. Tanam di media tanah yang lain. Mudah, bukan?

Khasiat sambung nyawa
Tanaman sambung nyowo khasiatnya sangat luar biasa. Daunnya bisa dipakai buat lalapan saat makan bersama nasi bersama sambal.

Batang tumbuhan ini bisa menurunkan demam serta penyakit ganas lainnya seperti penyakit ginjal, disentri, infeksi kerongkongan, mengatasi datang bulan atau haid, hingga gigitan hewan berbisa, misalnya ular.

Tak hanya itu, daun sambung nyowo punya sifat anti neoplastik yang berkhasiat dan bermanfaat agar tekanan darah menjadi stabil. Cocok untuk penderita darah tinggi.

Yang lebih mengejutkan, daun sambung nyawa juga bisa menjadi obat dalam rangka penyembuhan penyakit ginjal, infeksi kerongkongan, disentri, dan bisa menghentikan dalam keadaan pendarahan hebat.

Belum lagi umbi Gynura procumbens bisa mengatasi darah membeku, pembengkakan, pendarahan saat melahirkan, hingga patah tulang. Benar-benar ajaib!

Dalam sebuah riset atau penelitian ilmiah di Malaysia, tanaman sambung nyawa bisa mengatasi tumor dan kanker, radang tenggorokan, menurunkan tekanan darah, mengatasi penyakit amandel, polip dan batuk sinusitis. Lagi-lagi redaksi Berberita.com harus mengatakan: mengejutkan dan ajaib!

Itulah artikel seputar 10 Khasiat Mengejutkan Tanaman Sambung Nyawa, Ajaib. Semoga bermanfaat. (*)

0 Response to "10 Khasiat Mengejutkan Tanaman Sambung Nyawa, Ajaib!"

Poskan Komentar