Keindahan Wisata Banyu Panas Palimanan Cirebon Memukau

Berberita.com - Banyu Panas yang terletak di alamat Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat adalah tempat wisata yang menyuguhkan pemandian air panas dan keindahan sumber mata air panas dengan kandungan belerang yang bermanfaat untuk mengobati kulit. Lokasinya benar-benar memukau.

Betapa tidak, obyek wisata ini terletak di perbukitan atau berada di lembah dari pegunungan hijau yang indah. Selain bisa menikmati taman bermain untuk anak dan keluarga, pemandian air panas, melihat sumber mata air panas secara langsung, pengunjung bisa berenang di kolam renang (swimming pool) dengan nuansa yang begitu indah.

Bila Anda tanya arah alamat atau lokasinya, Anda bisa menjadikan pabrik semen PT Indocement sebagai patokan. Pasalnya, objek wisata Banyu Panas berada di samping kawasan PT Indocement Pabrik Palimanan, Cirebon.

Untuk mengakses tempat wisata pemandian air panas di Cirebon ini, Anda harus masuk pintu masuk karena berada kurang lebih satu kilometer dari pintu masuk. Lantas, apa keunikan, keunggulan atau keistimewaan dari lokasi wisata Banyu Panas?

kolam renang banyu panas palimanan cirebon

Uniknya adalah obyek wisata ini berada di kawasan dataran rendah. Sumber air panas keluar dari perut bumi dengan ketinggian mencapai tiga meter. Luar biasa sekali, bukan?

Dari informasi yang dihimpun wartawan wisata dan travel Berberita.com, keindahan lain yang ditawarkan wisata Banyu Panas adalah semburan air panas yang keluar dari perut bumi mengalir dengan membentuk sungai kecil.

Aliran air pada sungai kecil tersebut membentuk warna hijau, biru, dan putih. Secara geologi, sumber air panas di daerah Gempol tak bisa dipisahkan dengan adanya keberadaan batu kapur pada perbukitan Kromong.

Sebagai informasi tambahan, daerah Gunung Api Ciremai terdapat potensi panas bumi sehingga banyak ditemukan struktur patahan (fault) dan kaldera (caldera). Hal itu muncul akibat letusan gunung atau aktivitas tektonik lainnya.

Telaga biru
Pada tahun 2008, PT Indocement membuat situ yang letaknya di atas lokasi Banyu Panas. Lantaran airnya berwarna biru, kemudian dinamakan telaga biru.

Tempat Wisata Banyu Panas Palimanan Cirebon Telaga Biru

Sempat dilakukan pengeboran mata air panas untuk menghasilkan semburan air dengan suhu 60 derajat celcius. Kawasan yang dikelola PT Indocement bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Cirebon tersebut diharapkan bisa menyajikan satu tempat wisata yang indah, sekaligus bisa melestarikan fenomena alam yang terjadi.

Kalau Anda ingin obyek wisata terkait dengan ilmu pengetahuan alam (science) di bidang geologi, Banyu Panas tempatnya. Anda bisa belajar tentang geologi di lapangan secara langsung, yaitu gua dalam, batu kapur, patahan geologi, dan air panas yang berada di telaga biru.

Bagaimana? Tertarik? Demikian liputan khusus keindahan tempat wisata Banyu Panas di Palimanan Cirebon yang indah dan memukau. Ini bisa menjadi objek wisata alam pemandian air panas yang cocok untuk keluarga, pelajar, mahasiswa hingga peneliti sekalipun. (*)

0 Response to "Keindahan Wisata Banyu Panas Palimanan Cirebon Memukau"

Poskan Komentar