Eksotisme Wisata Kampung Batik Tulis Ciwaringin Cirebon

Berberita.com - Batik Cirebon punya segudang motif khas, sejarah, hingga macam-macam batik yang begitu memukau nan eksotis.

Salah satunya, batik tulis khas Desa Ciwaringin blok Kebon Gedang, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Di sana, terdapat sentra pembuatan batik tulis yang dikenal dengan "Kampung Batik Tulis Ciwaringin".

Ciri khas batik Cirebon yang ditawarkan dari perajin batik Desa Ciwaringin adalah motifnya yang kaya akan muatan kearifan lokal (local wisdom).

Tak hanya itu, beberapa pembatik lokal ada yang menyuguhkan batik tulis dengan pewarna alami dari pemanfaatan tanaman atau tumbuhan yang hidup di lingkungan sekitar kampung.

Kampung Batik Tulis Desa Ciwaringin Cirebon Jawa Barat

Misalnya, akar mengkudu menghasilkan warna merah mendekati orange, mahoni menciptakan warna coklat alami, tumbuhan tegeran menghasilkan warna kuning alami, daun mangga menghasilkan warna hijau tua alami, dan tanaman indigofera atau nila atau tom yang merupakan pewarna alami untuk warna hijau muda.

Anda yang ingin mengagendakan wisata budaya dengan menengok keindahan batik di sana, bisa meluangkan waktu sedikitnya 5 jam untuk melihat proses membatik, mewarnai, hingga mengemas dan menjualnya.

Harga batik
Harga batik khas Ciwaringin, Cirebon dengan bahan dari pewarna alami sangat terjangkau, yaitu berkisar di angka Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu.

Padahal, pembuatan batik tulis dengan warna alami dari tumbuh-tumbuhan memakan waktu berhari-hari. Wisata budaya Anda di kampung batik ini semakin lengkap bila Anda membawa pulang batik tulis dari pewarna alam ini sebagai oleh-oleh.

Sementara itu, bila Anda pesan batik tulis dengan bahan kain sutra, harganya bisa menyentuh angka Rp 800 ribu hingga lebih dari Rp 1 juta.

Tim liputan wisata dan travel Berberita.com sendiri membawa pulang satu lembar kain batik tulis dengan pewarna alami yang berwarna biru. Meski warnanya tidak mencolok seperti pewarna tekstil buatan, tapi nuansanya begitu klasik, tradisional, dan berkesan.

batik tulis cirebon pewarna alam

Koperasi batik Anugerah
Sebelah gapura pintu masuk menuju kampung batik tulis, terdapat koperasi "Anugerah Batik Tulis" binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indocement Tunggal Prakarsa yang menjual aneka batik khas Ciwaringin, Cirebon.

Di sana, Anugerah Batik Tulis menyediakan peralatan dan bahan baku batik, aneka kreasi batik tulis pewarna sintetis dan alam, serta jasa pelatihan proses pembuatan batik tulis.

Eksotisme wisata Kampung Batik Tulis di Desa Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat memang memberikan kesan tersendiri. Semuanya nampak klasik, tradisional, dan mengesankan. (*)

0 Response to "Eksotisme Wisata Kampung Batik Tulis Ciwaringin Cirebon"

Poskan Komentar