Ciri-ciri & perbedaan pupuk Phonska yang asli dan palsu

Berberita.com - Saat ini banyak sekali peredaran pupuk phonska yang palsu atau bahkan mirip dengan asli. Lantas, bagaimana ciri-ciri pupuk phonska yang asli dan apa perbedaan dengan pupuk phonska palsu?

Untuk menjawab itu, berberita.com mencoba untuk wawancara dengan Hariyanto, Sales Supervisor PT Petrokimia Gresik Wilayah Kabupaten Pati, Rembang dan Blora, Jawa Tengah, Indonesia.

Saat ini, pupuk phonska asli tidak menggunakan cap berlambang kerbau lagi. Tapi, pupuk phonska asli justru menggunakan lambang unsur senyawa kimia atau bulatan-bulatan berwarna merah, hijau, kuning, biru dan putih.

foto pupuk phonska asli bersubsidi pemerintah
Tampilan kemasan pupuk Phonska bersubsidi asli dari pemerintah (berberita.com)

Selain itu, ada keterangan tulisan "Pupuk Indonesia Holding Company". Jadi, kalau sekarang ini ada pupuk phonska berlambang kerbau justru harus dipertanyakan.

Selanjutnya, saat ini marak beredar pupuk tiruan. Misalnya, merek Phoska tanpa huruf N. Kalau petani tidak jeli, dia bisa tertipu dan dikira pupuk merek Phonska asli, padahal Phoska.

Pupuk phonska bersubsidi
Nah, kalau Anda ingin membeli pupuk phonska bersubsidi, maka yang asli pasti ada keterangan "pupuk bersubsidi pemerintah, barang dalam pengawasan".

Kalau tidak ada keterangan itu, bisa dipastikan itu bukan pupuk phonska bersubsidi asli dari pemerintah.

"Pupuk phonska yang palsu kandungan hara yang ada di dalamnya dipertanyakan, sehingga tidak berpengaruh apapun pada tanaman. Kalau tidak jeli, kasihan pembeli atau petani," ujar Hariyanto saat bincang-bincang dengan Berberita.com di gudang penyimpanan pupuk di Margorejo, Pati, Jawa Tengah.

Ciri-ciri dan perbedaan
Ciri-ciri phonska asli adalah warna jernih. Sedangkan pupuk phonska palsu karakter dan bentuknya kusam.

Selain itu, pupuk phonska palsu ketika dimasukkan dalam air akan muncul kapur cukup banyak alias keruh.

Begitulah perbedaan pupuk phonska yang asli dan palsu. Ciri-cirinya cukup sulit dibedakan bagi petani. Karena itu, konsultasi dengan penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan dinas terkait supaya Anda tidak sia-sia menggunakan pupuk yang tidak ada manfaatnya untuk tanaman. (*)

0 Response to "Ciri-ciri & perbedaan pupuk Phonska yang asli dan palsu"

Poskan Komentar