6 alasan anak & remaja tidak boleh mengendarai motor dan mobil

Berberita.com - Ada 6 alasan sederhana kenapa anak atau remaja di bawah umur 17 tahun tidak boleh mengendarai sepeda motor atau mobil.

Penasaran? Saat ini, orangtua sering lalai dan membiarkan anaknya di bawah usia 17 tahun mengendarai sepeda motor, bahkan mobil-mobil mewah.

Alasannya simpel. Mereka ingin anaknya bisa lebih mudah bepergian, memanjakan anaknya dengan kendaraan bermotor yang lagi nge-trend, dan lain sebagainya.

Padahal, hal itu justru membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Mereka masih berusia di bawah umur dan tidak punya surat izin mengemudi (SIM) tapi sudah berani bawa sepeda motor bahkan mobil di jalan raya.

foto anak SMP dibawah umur mengendarai sepeda motor

Kecelakaan sering terjadi justru disebabkan karena anak-anak atau remaja anak baru gede (ABG) yang ugal-ugalan, tidak hati-hati hingga tak jarang yang meninggal dunia di jalan raya. Nah, berikut alasan kenapa anak-anak atau remaja ABG tidak boleh mengendarai sepeda motor atau mobil yang berhasil dihimpun Berberita.com untuk kamu!

  1. Remaja itu emosinya masih labil
  2. Pengemudi yang masih di di bawah umur cenderung menganggap enteng terhadap bahaya. Ini sering disebut underestimate
  3. Anak dan remaja cenderung tak bisa mengidentifikasi situasi bahaya atau membahayakan
  4. Anak dan remaja ABG cenderung suka ngebut dan tidak menjaga jarak antarkendaraan
  5. Pengemudi remaja lebih mudah marah dengan pengemudi lainnya
  6. Total kecelakaan fatal 39 persen dalam keadaan ngebut dengan usia 15 sampai 20 tahun

Nah, sekarang kamu tahu kan? Alasan kenapa anak-anak dan remaja ABG di bawah usia 17 tahun tidak boleh membuat surat izin mengemudi (SIM) dan tidak  boleh menggunakan sepeda motor maupun mobil. Semoga bermanfaat. (*)

0 Response to "6 alasan anak & remaja tidak boleh mengendarai motor dan mobil"

Poskan Komentar