10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Terbaik yang Indah

Berberita.com - Tahukah Anda, jika ada 10 tempat wisata di daerah Jawa Tengah yang terbaik, sangat indah, terpopuler dan paling sering dikunjungi? Obyek wisatanya begitu memukau bagai surga yang tersembunyi.

Lantas, daftar objek wisata di Jawa Tengah ini apa saja sih? Daerah kamu masuk di daftar ini atau tidak? Ini hanya versi Berberita.com yang dikumpulkan dan diolah dari berbagai sumber.

Sebetulnya, tempat wisata di Jateng sangat banyak dan semuanya menarik, mulai dari wisata alam, peninggalan sejarah (herritage), religi, hingga wahana permainan. Tapi, redaksi Berberita.com harus memilih 10 dari daftar obyek wisata Jawa Tengah terbaik yang indah, populer dan paling banyak dikunjungi menurut versi kami, bukan versi On The Spot Trans 7 ya!

Karimunjawa di Jepara
Kepulauan Karimunjawa menjadi satu tempat wisata terbaik yang indah dan menakjubkan di Jawa Tengah.

Karimunjawa berlokasi di Kabupaten Jepara dengan luas daratan sekitar 1.500 hektare. Kamu harus menyeberang dari pulau Jawa ke pulau Karimunjawa selama satu jam. Tergantung kapalnya juga. Kalau cepat, kamu bisa hanya menempuh 45 menit saja.

foto taman nasional pulau karimunjawa

Seiring banyaknya pengunjung yang menghabiskan liburan di sini, termasuk turis asing dan bule-bule, daerah ini saat ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Karimunjawa.

Karakter pantai di sini adalah berpasir putih seperti di Pantai Kuta di kepulauan Dewata, Bali. Di sana, banyak bule dan bule yang berjemur di bawah terik matahari.

Traveler juga banyak berdatangan di sini. Jenis wahana yang bisa kamu pilih, antara lain snorkling, menyelam, memancing, berenang bebas, menjelajah laut dengan menyewa perahu atau kapal, dan aneka kegiatan liburan lainnya yang memukau mata.

Cari wisata kuliner di sini? Kelapa muda jawabannya! Menikmati indahnya laut di pulau Karimunjawa bersama dengan kelapa muda utuh yang baru saja kita petik dari pohon benar-benar seperti di surga.

Dieng surga wisata di Wonosobo
Dataran tinggi Dieng menjadi objek wisata terbaik yang indah di Jateng di mana wilayahnya masuk dalam dua daerah, yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Lokasinya cukup jauh dari jantung kota Wonosobo, yakni 30 km yang bisa ditempuh dengan waktu satu jam. Inilah landmark wisata di Wonosobo yang paling memakau dan menombak mata.

foto wisata dieng paling indah

Kamu bisa menikmati berbagai ikon paling indah di Wonosobo, misalnya candi-candi khas Hindu, telaga warna Dieng, sumur jalatunda, hingga bukit Sikunir Dieng yang begitu memikat. Inilah surga wisata di Jawa Tengah!

Tak hanya itu, kamu akan tercengang dengan julukan kawasan ini yang dikenal sebagai daerah "Tempat Persemayaman para Dewa-dewi." Hampir kita tak percaya jika ini di Indonesia. Banyak bule dan traveler asing yang datang ke sini.

Candi Borobudur di Magelang
Candi Borobudur sudah lama dikenal sebagai obyek wisata terbaik yang indah dan menakjubkan di Jawa Tengah. Terletak di Kabupaten Magelang, candi peninggalan peradaban agama Buddha ini menjadi saksi bisu betapa hebatnya leluhur dan nenek moyang manusia Nusantara yang bisa menciptakan mahakarya yang begitu memikat.

Dulu, Candi Borobudur sempat masuk dalam 7 keajaiban dunia atau Seven Wonder of the World. Tapi, candi ini beberapa tahun sempat tergeser dengan Taman Nasional Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Barat (NTB).

foto candi borobudur magelang paling indah

Objek wisata berupa herritage ini sering dikunjungi bule dan turis asing. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sana, antara lain bisa menikmati Magelang dari ketinggian puncak Borobudur.

UNESCO sendiri menetapkan bangunan candi yang dibuat dengan arsitektur seni yang tinggi itu sebagai warisan peninggalan dunia atau World Heritage Sites.

Di sana, kamu bisa menikmati 504 stupa Buddha dengan 1.460 relief yang menggambarkan dan menceritakan kisah pada zamannya. Siapkan biaya traveling Rp 300 ribu, kamu bersama keluarga sudah bisa masuk lengkap dengan wisata kuliner. Murah banget, kan?

Tiketnya saja cuma Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu. Anak-anak dan orang dewasa dikenakan tarif yang berbeda. Kalau bule atau turis mancanegara bisa dikenakan 20 dollar Amerika untuk dewasa dan 10 dollar Amerika untuk anak-anak atau setara dengan Rp 130 ribu hingga Rp 260 ribu. Wow!

Candi Prambanan di Klaten
Candi Hindu terbesar di Indonesia ini memang tergolong unik. Ia masuk dalam dua provinsi, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Candi Prambanan yang merupakan peninggalan mahakarya manusia Nusantara yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi dan dipersembahkan untuk 3 dewa utama dalam tradisi Hindu, yaitu Dewa Bahma, Wisnu dan Siwa.
foto candi prambanan roro jonggrang terbaik paling indah

Dalam tradisi mitologi yang berkembang, cerita asal-usul sejarah mitos yang berkembang bahwa candi ini awalnya dibangun Bandung Bondowoso dengan bantuan ribuan jin, karena puteri cantik bernama Roro Jonggrang minta dibangunkan sebuah candi megah jika ingin memperistrinya.

Candi itu jadi, tapi Loro Jonggrang meningkari. Akhirnya, putri cantik itu dikutuk Bandung Bondowoso menjadi patung yang keberadaannya ada sampai sekarang. Tapi, cerita ini sebatas pada mitos, legenda dan asal-usul yang bersifat menghibur.

Sama seperti Borobudur, Candi Roro Jonggrang masuk dalam situs warisan dunia dari UNESCO atau World Heritage Sites. Kamu bisa menikmati indahnya relief yang begitu memukau di sana dengan candi yang menjulang tinggi.

Hamparan rumput hijau bisa membuatmu semakin bebas menikmati keindahan mahakarya leluhur Nusantara ini. Kamu akan dibawa ke ruang masa lalu dan takjub berkali-kali.

9 Candi Gedongsongo dan paralayang di Ungaran
Objek wisata ini masuk dalam kawasan wisata Bandungan dan Gedongsongo. Kamu akan disuguhi ratusan hotel di sepanjang jalan di kawasan Bandungan.

Kawasan ini dikenal sebagai pemuda-pemudi untuk menghabiskan waktu liburan untuk bercinta di daerah seribu hotel ini. Biaya hotel cukup murah, mulai dari Rp 30 ribu hingga paling mahal Rp 300 ribu an.

Tapi, redaksi Berberita.com tidak akan mengulas kawasan cinta Bandungan ini. Kami akan mengulas kawasan Gedongsongo dengan sembilan candi yang tersebar di kawasan tersebut.

Kamu bisa menyewa kuda untuk naik dari satu candi ke candi lainnya yang butuh waktu lama untuk berjalan. Tiket masuk cukup murah, yakni berkisar di angka Rp 10 ribu. Untuk pakai kuda, kamu cuma perlu Rp 50 ribu saja.

Di sana, kamu juga akan temukan pohon-pohon pinus seperti di Yogyakarta. Begitu indah dan menawan. Ada juga pemandian air panas dan paralayang.

Untuk ikut paralayang, kamu cukup mengelurkan budget Rp 350 ribu dan kamu akan terbang layaknya burung garuda bersama dengan petugas paralayang. Betul-betul indah.

Museum Fosil Sangiran di Sragen
Daftar wisata di Jawa Tengah terbaik yang indah dan paling sering dikunjungi lainnya, antara lain Museum Fosil Sangiran yang berlokasi di Kalijambe, Kabupaten Sragen.

Lagi-lagi, UNESCO menetapkan museum purbakala ini sebagai situs warisan dunia. Hal ini memang tidak mengherankan, karena ketika kamu berkunjung di sini, kamu akan melihat situs arkeologi purba terlengkap bukan hanya di Indonesia, tetapi di seluruh Asia.

Kamu akan takjub luar biasa, karena kamu akan disuguhkan ribuan fosil dari manusia purba. Ada 13.809 koleksi fosil manusia purba yang mampu menjawab sejarah kehidupan manusia purba dari masa ke masa.

Saat ini, museum purbakala Sangiran tak hanya dikunjungi dari para ilmuwan dan peneliti saja seperti arkeolog, geolog, atau paleoanthropolog, tetapi juga wisatawan umum, mulai dari lokal hingga bule atau turis mancanegara.

Keraton Kesunanan Surakarta di Solo
Kamu ingin wisata sejarah di Jawa Tengah terbaik yang indah, terpopuler dan paling sering dikunjungi untuk urusan peninggalan sejarah berupa keraton? Di sini tempatnya!

Keraton ini awal mula menjadi bagian dari silsilah penting kerajaan atau kesultanan Mataram yang dibangun pertama kali Danang Sutawijaya. Namun, akhirnya pecah menjadi dua, satunya di Keraton Yogyakarta dan satunya di Solo.

Di sini, keraton berdiri pada 1744. Di sana, ada Panggung Sanggabuana di mana susuhanan konon kabarnya bersemedi dan bertemu dengan pengusaha Laut Selatan yang tak lain Nyi Roro Kidul.

Kamu akan disuguhkan satu wisata sejarah dengan ornamen bangunan khas pada zaman penjajahan Belanda berbaur adat Jawa. Di sana, kamu tidak boleh menggunakan topi dan kacamata hitam, tidak menggunakan sandal, jaket atau celana pendek. Kamu harus sopan di sana.

Biaya masuk berkisar di angka Rp 5 ribu. Cukup murah bukan? Alamat Keraton Kasunanan Solo adalah Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta, Jateng, Indonesia.

Baturaden di daerah Banyumas
Pemandangan alam di kawasan wisata Baturaden sudah tidak diragukan lagi. Ada pancuran 7, jembatan gantung, dan perhotelan yang memadahi. Kamu juga bisa lihat pemandangan alam Purwokerto dari langit yang dilihat dari Baturaden.

Siap-siap saja kamu bawa jaket tebal, karena hawanya begitu sejuk dan cenderung akan dingin pada malam hari. Cocok sekali untuk berlibur bersama keluarga atau sebagai tempat pacaran yang romantis dan menarik.

Kamu ngaku traveler? Dan ingin mengadakan kemah atau camping di Jateng? Baturraden tempatnya. Di sana, hamparan hutan alam yang hijau begitu indah. Kebun binatang bernama Taman Kaloka Widya Mandala dan museum untuk menyimpan kerangka satwa khas Indonesia bisa kamu temukan di sana.

Tak ayal, Baturaden menjadi obyek wisata yang paling banyak dikunjungi turis asing mancanegara. Kamu bisa bertemu dengan bule-bule ganteng dan cantik di sana.

Lawang Semu dan Kota Lama di Semarang
Bicara soal wisata di Jantung Kota Semarang, tidak lengkap bila tidak mengunjungi bangunan kuno peninggalan penjajahan, yaitu Lawang Semu dan Kota Lama.

Di Lawang Semu, kamu akan menemukan keindahan ornamen heritage yang begitu memukau. Konon, ada seribu pintu di sana. Beberapa orang mengatakan, Lawang Sewu kental dengan nuansa mistis, angker, dan banyak makhluk halus dari bangsa gaib.

Lepas dari itu, bangunan seribu pintu ini menjadi destinasi wisata wajib kala berkunjung di Kota Lumpia ini. Dulu, sejarah Lawang Sewu adalah kantor pusat perusahaan kereta api Belanda saat berkuasa di Indonesia.

Kamu bisa meminta tolong pemandu wisata atau guide untuk menjelajah indahnya bagian dalam Lawang Sewu. Tengok detail dan kisah-kisah yang berkembang di sana.

Di Kota Lama yang dekat dengan Pasar Johar atau Kantor Pos, kamu disuguhkan kawasan klasik khas masa lalu yang masih kental di sana. Gereja Blenduk menjadi saksi bisu dan bisa kamu jadikan objek wisata di Kota Lama. Ornamen khas Belanda begitu kental.

Zzzzttt... kalau malam hari sekitar pukul 21.00 WIB ke atas, di kawasan Jembatan Berok Kota Lama kadang ditemukan wanita malam dengan pakaian seksi menawarkan kencan. Yang benar? Lupakan saja.

Pantai Kartini dan Bandengan di Jepara
Satu lagi tempat wisata di Kabupaten Jepara terbaik yang indah, sering dikunjungi dan populer. Yaitu, Pantai Kartini dan Bandengan.

Pantai Kartini adalah ikon wisata pantai di Jepara, di luar pulau Karimunjawa. Lokasinya sangat dekat, yakni 2,5 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Jepara.

pantai bandengan jepara pulau panjang jawa tengah

Tak ketinggalan, pantai Bandengan memberikan satu destinasi wisata pantai lepas di Jepara yang benar-benar memukau. Pasir putih menjadi ciri dan karakter khas di sana.

Kamu ingin menginap bersama pacar atau keluarga? Di sana juga terdapat villa atau penginapan yang sangat representatif.

Demikian 10 tempat wisata di Jawa Tengah terbaik yang indah, terpopuler, paling sering dikunjungi dan banyak turis mancanegara yang datang. Artikel wisata ini merupakan versi redaksi Berberita.com, bagaimana dengan Anda? (*)

0 Response to "10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Terbaik yang Indah"

Poskan Komentar