5 Tips & Tata Cara Over Kredit Rumah Dijamin Aman

Bagaimana cara over kredit rumah KPR? Apa tips mengurus oper kredit perumahan? Bagaimana langkah-langkah dan tata cara take over kredit rumah?

Begitu rentetan pertanyaan yang ditujukan redaksi, baik over kredit rumah di Tangerang, Depok, Bekasi, Serpong, Semarang, Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Yogyakarta, Jakarta, dan kota/kabupaten lainnya. Info oper kredit rumah murah juga jadi pertanyaan, mulai dari tahun 2016, 2017, 2018, 2019, hingga 2020.

Dari sekian pertanyaan, kami hanya ingin menjawab pada bagian: bagaimana cara aman mengurus oper kredit, tips, kiat, langkah-langkah dan tata caranya? Ada 5 tata cara mudah yang harus Anda lakukan, meski memakan waktu cukup lama. Apa itu? Simak ulasannya dari Berberita.com untuk Anda!

foto rumah minimalis sederhana perumahan
Ilustrasi perumahan minimalis sederhana. Sumber foto: Wikipedia

5 langkah aman mengurus oper kredit
Cara aman pertama, kedua belah pihak, baik pembeli maupun penjual mendatangi bank yang dulu memberikan kredit kepemilikan rumah (KPR). Misalnya, bank BTN dalam hal over kredit rumah bersubsidi.

Langkah aman kedua, penjual wajib hukumnya membawa sertifikat rumah yang akan dijual. Karena, pengajuan oper kredit cuma bisa dilakukan ketika sertifikat tanah keluar.

Tata cara ketiga, penjual dan pembeli wajib hukumnya membawa sejumlah dokumen data pribadi, seperti KTP, slip gaji, surat keterangan kerja, surat keterangan rumah pertama, dan fotokopi mutasi keuangan selama 3 (tiga) bulan terakhir.

Tata cara keempat, ikuti tips ini. Penjual rumah KPR subsidi diminta untuk mengajukan permohonan ambil kredit dalam rangka mengalihkan posisi pembeli sebagai debitur baru.

Langkah kelima, ikuti cara aman ini. Kalau pengajuan pembeli dan penjual itu sudah disetujui bank, pembeli pasti diminta untuk tanda tangan perjanjian kredit baru atas nama si pembeli, berikut dengan akta jual beli dan pengikatan jaminan (SKMHT).

Ingat, harga atau biaya over kredit rumah KPR bisa mencapai kisaran angka 7 persen dari total plafon kredit yang sudah disetujui.

Tips dan cara aman, perhatikan!
Kenapa tata cara dan langkah-langkah mengurus oper kredit rumah KPR harus melalui bank? Padahal, hanya lewat notaris dan pengacara saja kan bisa?

Tidak bisa begitu! Itu bisa, tapi penuh dengan resiko dan berbahaya! Mengapa demikian? Karena, transaksi melalui bank dijamin lebih aman dan terpercaya, serta mekanisme dan prosedur yang benar memang harus begitu.

Misalnya, dalam sejumlah kasus begini. Penjual yang telah menjual rumah KPR dengan cara over kredit kepada pembeli hanya dengan notaris dan pengacara/advokat, tiba-tiba penjual nakal dengan menjualnya juga kepada pembeli lain atau berbagai pihak, itu bisa saja terjadi.

Belum lagi ada kemungkinan, penjual melunasi hutang KPR di bank dan mengambil sertifikat rumah tersebut, kamu bisa apa? Inilah sebabnya, tips, cara, kiat, tata cara dan langkah paling aman dan terpercaya over kredit rumah harus melalui bank sebagai pemberi pinjaman.

Tips oper kredit rumah subsidi
Bagaiman cara over kredit jika rumahnya bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)? Tata cara dan langkah-langkahnya sama saja kok. Cuma, Anda harus jeli ketika membeli rumah subsidi dengan cara oper kredit.

Sebelum dijual, pemilik hunian bersubsidi itu harus menempati minimal 5 (lima) tahun untuk rumah tapak dan 20 tahun untuk rusunawa. Jika ketahuan melakukan over kredit sebelum lima tahun, maka bisa saja dikenakan sanksi pidana berupa denda maksimal Rp 50 juta. Nah, lho!

Mudahnya, penjual harus menjualnya kepada pemerintah, biar pemerintah yang menjualnya lagi kepada pembeli dengan kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kenapa bisa begitu? Ya, karena perumahan subsidi jelas merupakan program dari pemerintah, sehingga Anda juga harus menjualnya lagi kepada pemerintah jika mau oper kredit. Ini langkah yang benar dan sesuai aturan.

Saat ini, banyak warga yang ingin mencari over kredit rumah di Tangerang, Depok, Bekasi, Serpong, Semarang, Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Yogyakarta, Jakarta, dan kota/kabupaten lainnya. Dari 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 dan seterusnya, tips ini masih berlaku selama tidak ada perubahan aturan atau regulasi/undang-undang baru.

Itulah sederet jawaban dari sejumlah pertanyaan: Bagaimana cara over kredit rumah KPR? Apa tips mengurus oper kredit perumahan? Bagaimana langkah-langkah dan tata cara take over kredit rumah agar aman, terpercaya dan terjamin! Semoga bermanfaat. (*)

1 Response to "5 Tips & Tata Cara Over Kredit Rumah Dijamin Aman"

  1. Hal ini tidak sulit dan tidak ada banyak stres atau penundaan sebagai pinjaman perusahaan penipuan. Saya baru saja diberitahu untuk menyerahkan KTP saya setelah mereka menyetujui pinjaman kepada saya dan meminta rekening bank saya setelah saya diberitahu bahwa sertifikat persetujuan diperlukan karena fakta bahwa mereka tidak memerlukan jaminan dari pelamar mereka.

    Jadi saya mengambil keberanian untuk melakukan pembayaran dan segera setelah 2 jam saya mendapat peringatan dari bank saya dan ketika saya memeriksa bank saya rekening dikreditkan dengan jumlah pinjaman saya, saya telah berjalan dalam membayar angsuran bulanan saya sekarang karena angsuran dibayar 2 bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman Anda, pada saat itu mereka akan mengirimkan rekening bank perusahaan di mana Anda akan mengirim pembayaran angsuran bulanan tepat waktu. Jangan biarkan diri Anda tertipu oleh perusahaan-perusahaan pinjaman penipuan yang terus menuntut untuk uang setiap kali pelanggan mereka tanpa memberikan pinjaman.

    Pilihan ada di tangan Anda untuk membuat sekarang, Tuhan menanggung saya saksi bahwa saya benar-benar ingin membantu Anda sehingga Anda tidak akan tertipu oleh perusahaan pinjaman lain yang sebabnya saya membagikan kesaksian saya, hanya menempatkan kepercayaan Anda dan berharap di Ibu Sulis Susanti dia manusia takut Allah dan ia tidak akan mengecewakan Anda. Aku dasar di malaysia sekarang dengan keluarga saya dan suami saya tidak akan menghargai panggilan dari kebanyakan laki-laki saya akan memberikan nomor saya, selain orang-orang saya sibuk karena untuk bisnis saya saya hanya berkomunikasi melalui email karena mitra bisnis saya.

    BalasHapus