Tips & Cara Menyuburkan 1001 Jenis Tanaman dengan Air Beras

Tips cara menyuburkan tanaman menggunakan air bekas cucian beras ini diambil dari buku "Seabrek Tips dan Kiat Praktis Sehari-hari" karangan Inayati dan ditulis ulang redaksi Berberita.com untuk pembaca setia seputar pertanian dan tanaman. Memang cara ini tergolong sangat praktis dan sederhana.

Betapa tidak, cara menyuburkan 1001 jenis tanaman ini hanya memanfaatkan bekas air yang digunakan untuk mencuci beras di mana setiap hari pasti dilakukan ibu rumah tangga.

Tanaman sejenis suplir, kuping gajah dan lainnya dapat tumbuh subur dengan cepat setelah disiram air bekas cucian beras ini. Beragam tanaman lain juga bisa disiram menggunakan air ini, mulai dari cabe atau cabai, tanaman hias, seledri, bunga mawar dan bunga-bunga lainnya, lada, aquascape, mangga, serta tanaman lainnya.

tanaman seledri hijau subur lebat
Ilustrasi tanaman seledri subur dan lebat setelah disiram air cucian beras

Caranya, jangan buang air sisa yang kamu gunakan untuk mencuci beras. Tuang dalam ember. Demikian juga ketika kamu mencuci untuk yang kedua kali, jangan buang sia-sia.

Siramkan tepat pada bagian akar sampai tanah terlihat basah. Ini berlaku untuk semua jenis tanaman, baik bunga-bunga seperti mawar, cabai/cabe, tanaman hias, sayur-sayuran seperti seledri, lada, mangga, hingga tanaman aquascape.

Dengan pemanfaatan air limbah dari sisa cucian beras untuk menyiram tanaman, bisa dipastikan tumbuhan Anda akan subur, lebat dan tumbuh dengan baik. Mudah sekali, bukan?

Kendati begitu, redaksi Berberita.com mengingatkan agar Anda juga harus memperhatikan tips-tips dan cara-cara lain untuk menyuburkan tanaman di luar pemanfaatan air sisa cucian beras ini. Pasalnya, kiat ini sebatas hanya membantu menyuburkan tanaman dengan mudah dan praktis, bukan menjadi prioritas utama ketika Anda melakukan budidaya beragam tanaman seperti cabe, bunga mawar, lada, seledri, aquascape, tanaman hias, mangga, dan sejuta tumbuhan lainnya.

Demikian cara dan tips sederhana praktis menyuburkan tanaman dengan mudah. Semoga bermanfaat untuk Anda. (*)

0 Response to "Tips & Cara Menyuburkan 1001 Jenis Tanaman dengan Air Beras"

Poskan Komentar