Rahasia Agar Pohon Pepaya Pendek Berbuah Lebat dan Cepat

Tips agar pohon pepaya pendek berbuah lebat dan cepat ini menjawab kebutuhan Anda untuk menghasilkan atau panen buah kates (bahasa Jawa) yang memuaskan. Pasalnya, rata-rata tanaman pepaya tumbuh tinggi sehingga butuh cara, tips, kiat dan rahasianya!

Tips pertama, saat tanaman pepaya mulai tumbuh di tanah, cabut sampai akar-akarnya dan pindah di tempat lain. Selanjutnya, buat lubang tanah hingga dalam dan tanam lagi tumbuhan pepaya itu sampai separuh batang tenggelam di tanah.

Biarkan hingga tumbuh dewasa. Nanti kalau sudah besar, pohon pepaya milik Anda akan tumbuh lebih pendek dan berbuah lebat ketimbang tanaman pepaya milik tetangga kamu.

Cara kedua, pangkas dahan-dahan tanaman lain yang mengganggu dan pastikan sinar matahari cukup menyinari bagian pohon. Pastikan juga cukup air dan berilah pupuk serta hormon.

pohon pepaya pendek berbuah lebat
Tips ketiga, pangkas bibit pepaya pada bagian pucuk atau pupus atau daun muda paling atas. Tunggu sampai 10 hari hingga tumbuh tunas lagi. Setelah tunas tumbuh, batang pohon dipotong hingga tersisa sekitar 15 cm dari permukaan tanah.

Setelah 7 hari, muncul cabang-cabang baru dan pilihlah cabang baru yang terbaik dan terbagus. Sisakan satu tunas atau cabang saja, buang tunas-tunas lainnya. Hal ini bertujuan agar zat makanan akan fokus digunakan untuk batang yang diseleksi saja dan diharapkan menjadi batang pokok.

Sebagai catatan, sebaiknya pemangkasan dilakukan saat berusia satu bulan, setelah ditandur atau ditanam pertama di tanah. Tujuannya adalah meningkatkan produktivitas buah pepaya agar lebat dan pohon pendek. Alhasil, 3 bulan pohon pepaya Anda sudah berbuah.

Demikian artikel seputar kiat, cara, rahasia, dan tips agar pohon pepaya pendek berbuah lebat dan cepat. Semoga bermanfaat untuk Anda. (*)

0 Response to "Rahasia Agar Pohon Pepaya Pendek Berbuah Lebat dan Cepat"

Poskan Komentar