Penyebab & Solusi Mengatasi Dinding Tembok Rumah yg Lembab

Berberita.com - Kadang kita jengkel dengan kondisi dinding tembok rumah yang lembab, basah dan bocor sehingga mengganggu kenyamanan dan pemandangan. Tak jarang, kamar juga lembab. Apa sih sebetulnya penyebab dinding rumah lembab? Kemudian, apa tips, kiat, cara, langkah dan solusi mengatasi dinding tembok yg lembab, termasuk kamar?

Penyebab utama dinding rumah dan kamar lembab basah bocor adalah aliran air hujan tidak mengalir ke talang. Jadi, talang rumah Anda harus diperhatikan agar tidak rembes yang menyebabkan tembok basah.

Penyebab dinding rumah dan kamar lembab selanjutnya adalah proses pengacian saat pembangunan masih belum kering, sehingga kadang berkeringat saat cuaca sedang hujan. Inilah yang menyebabkan kelembapan tembok menjadi tinggi.

dinding rumah antibocor dan lembab
Ilustrasi rumah antibocor dan antilembab

Solusi mengatasi dinding tembok yg lembab
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan sumber rembesan air pada dinding tersebut. Rembesan biasanya bisa berasal dari dinding luar yang langsung berhubungan dengan air.

Kalau rembesan itu berasal dari retakan dinding rumah atau kamar, maka tips, kiat, cara dan langkah-langkah yang harus dilakukan adalah menutup retakan itu menggunakan semen.

Setelah retakan itu Anda tutup dengan semen, lapisi dengan waterproof atau lapisan kedap air yang berfungsi mencegah air rembes ke dinding. Dengan tips, kiat, cara dan langkah-langkah tersebut, dinding Anda aman dari keringat akibat lembab.

Solusi preventif/pencegahan
Nah, kalau Anda ingin tembok rumah tidak berkeringat, sebaiknya ikuti tips-tips, cara, kiat, dan langkah berikut ini untuk melakukan pencegahan secara preventif.

Saat melakukan pembangunan hunian idaman Anda, sebaiknya komposisi campuran semen harus sesuai. Jangan karena ingin irit dan hemat biaya, kemudian komposisinya banyak pasir. Ini yang keliru.

Untuk menciptakan dinding tembok rumah atau kamar yang kedap air, gunakan campuran 1:2 dengan campuran air yang tidak berlebihan atau kekurangan. Sebagai pencegahan, gunakan lapisan waterproofing atau damproofing. Tutuplah segera dan berilah waterproof pada bagian dinding yg berpotensi merembes ke tembok.

Itulah artikel properti atau perumahan seputar penyebab dan solusi mengatasi dinding tembok rumah yg lembab, basah dan bocor, termasuk kamar yang rembes. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi terbaik untuk hunian kesayangan Anda. (*)

0 Response to "Penyebab & Solusi Mengatasi Dinding Tembok Rumah yg Lembab"

Poskan Komentar