Ini Manfaat, Efek & Bahaya Tidur Siang untuk Kesehatan

Tidur siang. Ya, aktivitas ini acapkali dilakukan sejumlah kalangan. Apakah dampak tidur siang untuk kesehatan? Memberikan manfaat atau justru memberikan efek bahaya?

Ada kebiasaan unik yang dilakukan ibu-ibu kepada anaknya. Mereka biasanya meminta kepada anaknya untuk tidur siang.

Selain soal istirahat, ibu-ibu percaya bahwa tidur siang bisa meningkatkan stamina dan baik untuk kesehatan anak. Benarkah hal itu? Fakta atau mitos? Simak ulasan Berberita.com untuk Anda!

Informasi yang dilansir dari LiveScience mengatakan, sepertiga orang dewasa di Amerika sebagian besar tidur siang. Mereka yakin, tidur siang, meski sebentar bisa meningkatkan memori untuk kreativitas dan produktivitas.

Bagi pekerja, tidur siang di meja kantor acapkali dinilai sebagai orang pemalas yang tidak semestinya dilakukan. Padahal, memejamkan mata di siang hari akan meningkatkan produktivitas kerja.

cewek tidur bobok siang manis
Ilustrasi cewek tidur/bobok siang. Gambar: Wikipedia

Karena itu, sebagian pimpinan perusahaan memperbolehkan karyawannya untuk tidur siang di tempat khusus yang disediakan di kantor. Manfaat dari tidur siang untuk kesehatan diharapkan untuk menunjang produktivitas kerja karyawan usai tidur sebentar.

Pakar yang meneliti tentang tidur Michael J Breus mengatakan, tidur siang mestinya dilakukan tidak lebih dari 30 menit. Pasalnya, tidur siang lebih dari 30 menit bisa menyebabkan pusing dan lemas, jika kemudian dilanjutkan dengan kerja. Tidur siang berlebih pun tidak baik dan memberikan efek bahaya untuk kebugaran badan.

Durasi tidur siang selama 30 menit dinilai tepat untuk pekerja yang ingin tidur siang. Lebih dari itu, produktivitas kerja dinilai akan terganggu dari rasa pusing dan lemas. Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat, efek dan bahaya tidur siang untuk kesehatan? Sebetulnya baik, asal porsinya tidak berlebih, terutama bagi pekerja. (*)

0 Response to "Ini Manfaat, Efek & Bahaya Tidur Siang untuk Kesehatan"

Poskan Komentar