Kenapa Anak Rentan Sakit Demam Saat Kena Hujan?

Berberita.com - Banyak yang bertanya-tanya dengan fenomena atau peristiwa yang lazim menimpa anak-anak. Kenapa anak rentan sakit demam saat kena hujan?

Bahkan, banyak juga yang bertanya: Apa penyebabnya anak lebih rentan sakit saat musim hujan tiba, ketimbang musim biasanya? Faktor apa yang memicunya?

Sebuah penelitian yang dipimpin Dr Mark Connely dari Children's Mercy Hospital and Clinics di Kansas City, Missouri mengungkapkan bahwa anak-anak memang cenderung lebih sering sakit kepala ketika musim hujan dengan tingkat kelembaban yang lebih tinggi dari biasanya.

Tak hanya sakit kepala, anak-anak juga seringkali demam. Tak ayal, banyak orang tua yang kemudian kerepotan berusaha untuk mengobatkan anaknya di bidan, dokter, ahli kesehatan hingga mencari obat sendiri di apotik.

foto anak-anak hujan-hujanan
Ilustrasi/foto anak kecil berkerudung sedang hujan-hujan

Hasil studi atau riset yang telah dipublikasikan dalam bentuk jurnal tersebut mengungkapkan, 59 persen anak menderita sakit kepala pada musim hujan. Sementara itu, 21 persen anak-anak menderita sakit kepala saat musim kemarau atau kering.

Padahal, 22 persen anak-anak menderita pusing pada saat kelembapan normal. Dari studi dan penelitian ini, bisa disimpulkan bahwa anak-anak memang rentan terkena sakit kepala dan demam saat musim hujan.

Belum lagi kalau mereka suka hujan-hujanan, rata-rata anak kena demam saat mereka terkena air hujan saat bermain. Meski itu tidak bisa dipastikan, karena kekebalan tubuh atau imunitas masing-masing anak berbeda.

Penyebab anak sakit kena hujan
Gejala sakit kepala atau demam saat musim hujan sangat jarang ditemui pada orang dewasa, meski pada kondisi tertentu banyak juga orang dewasa terkena demam saat hujan, terutama saat peralihan musim dari kemarau ke penghujan yang dikenal dengan pancaroba.

Penyebabnya mungkin bukan virus, bakteri atau kuman, melainkan tekanan udara yang rendah, seperti mendung, hujan, dan kelembapan tinggi. Inilah yang menjadi penyebab, pemicu dan biang kerok sakit kepala pada anak-anak pada musim penghujan.

Tekanan udara yang menurun juga memicu turunnya kekebalan tubuh. Kendati begitu, para peneliti masih belum mengetahui alasan pasti mengapa hujan yang disertai dengan kelembaban tinggi menyebabkan sakit kepala pada anak-anak. (*)

0 Response to "Kenapa Anak Rentan Sakit Demam Saat Kena Hujan?"

Poskan Komentar