Inilah Solusi Mengatasi & Memperbaiki Kanopi Bocor

Berberita.com - Kanopi saat ini menjadi bagian penting dalam rumah modern. Biasanya, lokasi kanopi berada di depan rumah sebagai pelindung dari hujan dan terik matahari. Lantas, apa tips, cara, kiat dan solusi mengatasi, memperbaiki bahkan menambal kanopi bocor?

Saat kanopi di rumah Anda mulai bocor, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Apakah cukup dengan mengganti atapnya saja atau harus mengganti struktur besinya juga?

Kemudian, material atap kanopi yang direkomendasikan seperti apa? Kedua permasalahan mengenai kanopi ini memang acapkali menjadi pertanyaan bagi pemilik hunian.

kanopi rumah minimalis cantik simpel elegan modern
Kanopi minimalis, sederhana, simpel dan modern. Foto: Rumah Kecil Minimalis

Solusi mengatasi dan memperbaiki
Jika kanopi Anda bocor, sebaiknya diganti saja dengan yang baru. Banyak sekali jenis-jenis kanopi yang praktis. Misalnya saja, bahan polikarbonat, mulai dari yang berongga atau tidak.

Bentuk atau modelnya beragam, ada yang bergelombang dan ada juga yang datar. Tinggal mana yang Anda sukai. Masing-masing punya kelebihan-keunggulan dan kekurangan-kelemahan. Plus minus selalu ada dalam setiap pilihan.

Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan zincalume. Apa itu? Semacam lembaran metal bergelombang. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan bahan bitumen, yaitu bahan fiber berlapis aspal.

Bahan-bahan di atas tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Tinggal Anda suka yang mana.

Rangka besi kanopi masih bagus
Kalau pada bagian rangka besi masih baik dan bagus, cukup ganti atap kanopinya saja. Kriteria baik dan bagus itu misalnya tidak berkarat, tidak retak atau malah tidak berpotensi berkarat.

Cara, tips dan kiatnya, rangka besi yang warnanya sudah kusam atau berpotensi berkarat bisa diampelas, kemudian dicat kembali. Sebaiknya, sebelum dicat bisa dilapisi menggunakan cairan antikarat, yaitu sejenis zincromat besi. Bahan itu bisa Anda beli di toko cat atau bangunan.

Rangka besi kanopi rusak
Nah, beda halnya jika rangka kanopi sudah rusak, berkarat dan banyak berlubang. Jika kondisinya sudah demikian, sebaiknya ganti saja dengan yang baru.

Banyak pilihan bahan rangka kanopi kesayangan Anda, mulai dari baja ringan, besi hollow atau kanal C. Bagaimana dengan rangka yang terbuat dari kayu?

Boleh saja menggunakan bahan ini. Asalkan kayu itu sudah diresidu untuk mencegah rayap, kemudian dicat.

Inilah artikel properti seputar tips, cara, kiat, solusi mengatasi dan memperbaiki kanopi yang bocor. Disarankan untuk tidak menambal. Pertimbangannya seperti yang dibahas di atas. Semoga bermanfaat. (*)

0 Response to "Inilah Solusi Mengatasi & Memperbaiki Kanopi Bocor"

Poskan Komentar