10 Fakta Air Hujan yang Tidak Kamu Ketahui

Berberita.com - Tahukah Anda, ada sepuluh fakta tentang air hujan yang mungkin tidak kamu ketahui. Air hujan yang turun ke tanah ternyata masih banyak yang belum diketahui.

Lantas, apa saja sih fakta-fakta itu? Berikut fakta ilmiah tentang air hujan yang diulas redaksi Berberita.com untuk Anda. Mungkin Anda masih belum banyak tahu.

Fakta ilmiah pertama, air hujan yang turun pertama kali selama lima menit tidak baik untuk kesehatan badan. Kenapa? Hujan pada 5 menit pertama biasanya membawa polutan, kotoran hingga zat asam yang bisa membuat rambut rontok. Jadi, kalau mau hujan-hujan, sebaiknya tunggu setelah 5 menit ya?

Fakta ilmiah kedua, setiap air hujan pertama kali turun dan menyentuh tanah, maka akan tercium bau atau aroma menyengat yang cukup menyegarkan. Hal ini disebabkan senyawa "petrichor" yang dikeluarkan rumput-rumputan, ilalang dan tanah.

Fakta ketiga, air hujan rata-rata jatuh ke bawah dengan kecepatan 8 hanya 10 kilometer per jam. Sangat lambat sekali, bukan? Pasti kamu tidak tahu kan soal ini?

foto hujan mendung pekat
Ilustrasi/foto mendung pekat pertanda akan hujan. Gambar: Wikipedia

Fakta keempat, setiap tetes air hujan punya diameter yang sangat bervariasi, mulai dari 0,02 inchi hingga 0,031 inchi. Bagaimana? Kamu pasti belum sampai mengukur kan ukuran bulatan-bulatan air hujan besarnya sebesar apa?

Fakta kelima, kalau kamu melihat mendung hitam gelap mengepul lalu turun hujan, maka ketinggiannya hanya 1,2 kilometer saja. Ini ketinggian minimum dan bisa saja lebih tinggi, namun tetap berada di kisaran angka itu.

Fakta hujan keenam, efek yang ditimbulkan dari tetesan air hujan pada ketinggian 1,2 kilometer itu sama saja dengan benda 1 kilogram yang jatuh pada ketinggian 15 cm.

Fakta ilmiah ketujuh, ternyata payung yang biasa Anda gunakan untuk menutupi tubuh dari air hujan sebetulnya awalnya didesain untuk melindungi manusia dari terik panas sinar matahari. Kamu pasti salah bukan saat menilai sejarah awal terciptanya payung?

Fakta air hujan kedelapan, bentuk atau bulatan air hujan ternyata berubah bentuk sampai ratusan kali dari awal jatuh dari awan hingga ke tanah. Bentuknya biasanya bervariasi, mulai dari bulat, hingga oval memanjang.

Fakta kesembilan, ternyata ada satu daerah yang mengalami musim hujan secara terus-menerus sepanjang tahun. Daerah atau negara mana itu? Tepatnya di pegunungan Waialeale, Kauai, Hawaii. Di sana, selama 350 hari per tahun selalu basah karena terkena hujan.

Fakta kesepuluh, curah hujan paling banyak terjadi di daerah Cherrapunju, Negara India. Yaitu dengan rata-rata 26,5 meter atau 87 kaki. Wow, luar biasa sekali bukan?

Itulah 10 fakta tentang air hujan yang mungkin belum Anda ketahui yang diulas dari redaksi Berberita.com untuk Anda. Semoga memberikan manfaat bagi ilmu pengetahuan alam atau sains yang Anda butuhkan. (*)

0 Response to "10 Fakta Air Hujan yang Tidak Kamu Ketahui"

Poskan Komentar