Wajib Baca! Manfaat & Bahaya Permen Karet untuk Penderita Maag

Berberita.com - Banyak sekali artikel atau bahkan berita yang menulis tentang manfaat permen karet untuk penderita maag atau asam lambung. Namun, Anda mungkin kaget ketika ada artikel yang juga menulis tentang bahaya permen karet bagi penderita maag.

Sontak, pasti Anda kaget! Ini yang benar yang mana? Permen karet itu bermanfaat, berkhasiat, bisa menyembuhkan penyakit maag atau justru malah bahaya dan berakibat fatal bagi penderita asam lambung?

Untuk mengatasi kebimbangan atas pertanyaan pembaca tersebut, redaksi Berberita.com mencoba untuk melakukan kajian kepustakaan dengan mengumpulkan sejumlah data kesehatan terkait dengan masalah tersebut. Permen karet bagi penderita maag: manfaat atau bahaya?

foto orang makan menguyah meniup permen karet
Manfaat
Dalam sebuah artikel kesehatan yang dilansir laman Livestrong pada Jumat, 15 Mei 2015 menyatakan, menguyah permen karet bisa menghilangkan asam lambung yang naik ke esofagus.

Dalam artikel tersebut, seorang peneliti bernama Eisner menyarankan kepada penderita maag untuk menguyah permen karet, karena bermanfaat meredakan asam lambung yang meningkat.

Untuk hasil yang terbaik, disarankan untuk mengunyah permen karet 30 menit sesudah makan. Coba bandingkan dengan hasil penelitian di bawah ini yang memiliki kecenderungan hasil yang sama.

Dalam sebuah riset yang dilakukan Journal of Dental Research, mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan dapat mengurangi keluhan meningkatnya asam lambung.

Ketua Peneliti dalam riset tersebut, Rebecca Moazzez dari King's College London mengatakan, mengunyah permen karet bisa merangsang laju pelepasan air liur. Dengan begitu, asam yang mengumpul di dalam perut akan bersih karena tercuci lebih cepat. Dan, efeknya asam bisa cepat hilang.

Bahaya
Mungkin Anda akan kaget ketika setelah membaca manfaat mengunyah permen karet bagi penderita maag, tiba-tiba ada artikel yang menyebut berbahaya. Dua hal yang berbeda, bertolak belakang dan berakibat fatal karena maag bukanlah penyakit biasa, tetapi sakitnya sampai ke ulu hati.

Dalam sebuah artikel kesehatan yang dilansir GeniusBeauty, Rabu, 13 Juli 2015 menyebut, mengunyah permen karet saat perut kosong bisa menyebabkan cairan lambung berlebihan. Dengan demikian, saat penderita maag mengunyah permen karet saat perut kosong bisa berisiko gastritis atau maag kambuh.

Dalam sebuah artikel kesehatan lainnya juga menyebut, mengunyah permen karet adalah kegiatan yang tidak diperbolehkan bagi penderita maag. Pasalnya, kegiatan mengunyah bisa meningkatkan kapasitas udara yang ditelan.

Hal itu bisa menyebabkan penderita maag sering bersendawa dan parahnya bisa mengakibatkan asam lambung sampai naik ke kerongkongan.

Dalam artikel di Wikipedia, makan permen karet dan merokok menjadi bagian dari aktivitas yang harus dihindari bagi penderita maag. Nah, bagaimana perasaan Anda, ketika Anda adalah penderita maag mengetahui kedua fakta yang bertentangan ini?

Wajib anda baca!
Kalau dilihat dari dua artikel yang berbeda di atas, tampaknya ada dua miskomunikasi atau salah perspektif.

Setelah dicermati, ternyata kesimpulannya begini: Permen karet akan bermanfaat jika Anda kunyah setelah makan, tapi berbahaya jika Anda kunyah dalam keadaan perut kosong yang berpotensi meningkatkan asam lambung.

Bagaimana sarannya? Sebaiknya ikuti saran dan petunjuk dokter. Tapi, redaksi Berberita.com sepakat jika tidak usah mengunyah permen karet.

Dalam penelitian dan ujicoba sederhana yang dilakukan Litbang Berberita.com dengan meminta kepada penderita maag untuk menguyah permen karet, hanya dalam waktu 5 menit saja, perutnya mual dan muntah dengan sendirinya.

Demikian halnya rokok. Dalam skala tertentu bisa membuat Anda mual dan ingin muntah. Jadi, sebaiknya hindari aktivitas mengunyah permen. Ada banyak cara lain selain permen karet, kok. (*)

0 Response to "Wajib Baca! Manfaat & Bahaya Permen Karet untuk Penderita Maag"

Poskan Komentar