Inilah 5 Tips Cara Mencuci Perawatan Kain Sutra

Tips cara mencuci perawatan kain sutra sangat mudah jika kita tahu langkah-langkah sederhananya. Pasalnya, harga kain sutera selangit dan hanya kalangan pejabat serta orang-orang kaya yang hanya bisa membeli jenis kain ini.

Karena itu, jika Anda punya kain, baju atau pakaian berbahan sutra, perhatikan kiat, langkah-langkah, tips dan cara yang diulas dari redaksi Berberita.com berikut ini. Simpel, mudah dan sederhana!

Mencuci kain sutra
Sebaiknya cuci pakai dry clean supaya seratnya tidak rusak. Kalau Anda ingin mencuci sendiri, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama, sediakan air hangat dan detergen, aduk hingga larut. Ingat, jangan air panas, bahaya! Air hangat yang pas-pas saja. Lalu, masukkan kain sutera.

foto kain sutra paling mahal di dunia
Foto bentuk kain sutra warna-warni paling indah. (Wikipedia)

Kedua, rendam hingga lima menit. Aduk-aduk pelan. Ingat, jangan kucek! Apalagi disikat. Ini berbahaya. Karena itu, sebaiknya rendam saja hingga lima menitan dan aduk perlahan saja.

Ketiga, bilas kain sutera kesayangan Anda dengan air hingga benar-benar bersih lalu jemur. Ingat, jangan sampai dijemur di bawah terik matahari. Cukup dijemur di bawah matahari pagi saja atau diangin-anginkan saja sudah cukup.

Hindari menjemur kain sutera di bawah terik matahari siang hari atau bersuhu panas. Ini akan merusak serat kain. Mudah dan sederhana sekali bukan?

Perawatan kain sutera
Untuk merawat sehari-hari, simpanlah di tempat yang kering. Dan, jangan gunakan pewangi lemari dengan kapur barus atau kamper. Kenapa? Ini akan mempengaruhi warna kain dan merusaknya.

Cara menyetrika kain sutra, jangan sampai kain bertatapan langsung dengan besi setrika. Pakailah alas penahan agar besi/baja setrika tidak sampai terpapar langsung dengan kain sutera.

Sebaiknya gunakan alas, berupa kain tipis, misalnya sarung atau kertas koran juga tidak masalah. Ini berfungsi agar panas setrika tidak terkena langsung pada bagian kain.

Demikian langkah-langkah, kiat, tips cara mencuci perawatan kain sutra dengan mudah, sederhana. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat untuk Anda. (*)

0 Response to "Inilah 5 Tips Cara Mencuci Perawatan Kain Sutra"

Poskan Komentar