Tips Cara Bagaimana Merawat & Poles Lantai Marmer

Tips cara bagaimana merawat dan poles lantai marmer ini muncul dari pertanyaan pembaca, karena belum tahu karakter batu cadas (bahan asli marmer). Ini harus dijawab, jika tidak, lantai yang terbuat dari marmer Anda yang mewah, agung, elegan dan mahal bisa cepat kusam, bahkan rusak.

Seperti kita tahu, hanya orang-orang kaya dan berduit saja yang biasa membangun rumahnya dengan lantai berbahan marmer, termasuk dinding rumah hingga meja. Pasalnya, harga lantai marmer per meter benar-benar fantastis, yakni kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta.

Fantastis sekali bukan? Coba hitung kalau rumah Anda 10x10 meter saja, harga lantai marmer yang Anda beli bisa mencapai Rp 100 juta, kalau spesifikasi yang Anda beli Rp 1 juta per meter.

Sudah harganya mahal, perawatannya susah! Karena itu, tips, kiat, cara dan langkah-langkah bagaimana merawat dan poles lantai marmer dari Berberita.com di bawah ini bisa menjadi acuan dan referensi untuk Anda.

bangunan megah monas jakarta menggunakan batu marmer
Monas Jakarta megah dan indah menggunakan marmer. Foto: Wikipedia

Sensitif
Kenali dulu karakternya. Marmer sangat sensitif terhadap perubahan cuaca, bahan-bahan kimia atau cairan lain yang tidak alami.

Jangan sekali-kali mempoles lantai marmer menggunakan bahan kimia! Ingat itu. Jenis lantai ini memang sensitif yang bisa menyebabkan kusam.

Sengatan matahari
Kalau rumah Anda ada jendelanya yang menerobos lantai hingga benar-benar menyengat dengan panas, hindari ini. Jauhkan lantai marmer kesayangan Anda dari sengatan matahari langsung.

Hujan
Selain hindari sengatan matahari, lantai marmer sebisa mungkin jangan sampai terkena air hujan. Hal itu mengurangi tingkat mengkilap pada lantai dan menyebabkan kusam.

Cairan pencuci
Hindari mengepel, mengelap atau poles dengan cairan pencuci. Ini berbahaya untuk kualitas lantai marmer Anda.

Gunakan air biasa
Lantas, caranya bagaimana agar tetap indah dan mengkilap? Cukup lap atau poles dengan air menggunakan bahan kain yang halus dan lembut saja. Itu sudah cukup dan membuat lantai Anda tetap cantik, awet dan terawat.

Sebagai tips, lap dulu menggunakan kain kering hingga bersih, baru Anda poles dengan air biasa. Rawatlah secara berkala dan berkelanjutan, jangan bosan sehingga lantai marmer Anda akan selalu kinclong, bersih dan berkilau. Memukau!

Demikian artikel seputar tips cara bagaimana merawat dan poles lantai marmer agar mengkilap, awet, tahan lama, tidak kusam dan tetap menawan. Selamat mencoba! (*)

0 Response to "Tips Cara Bagaimana Merawat & Poles Lantai Marmer"

Poskan Komentar