10 Tips Bisnis Usaha Kolektor Uang Kuno Rupiah & Asing

Uang kuno rupiah dan uang asing saat ini banyak diburu para kolektor dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Surabaya, Malang, Jakarta, Bandung, Semarang, Bogor, Solo, Yogyakarta dan kota-kota besar lainnya. Jika Anda ingin menjadi kolektor atau membuka usaha bisnis uang kuno, berikut bisa menjadi tips dan kiat dari Berberita.com untuk Anda.

Tips pertama, Anda bisa mulai mencari dan mengumpulkan uang-uang kuno baik rupiah maupun asing seperti dollar Amerika, Arab Saudi dan lain sebagainya dari teman, tetangga atau saudara.

Mereka yang tidak tahu harga uang kuno, biasanya cukup dibeli dengan harga yang murah meriah karena ketidaktahuan mereka. Coba mulai koleksi uang-uang kuno yang Anda dapatkan dalam sebuah wadah khusus yang Anda simpan.

Tips kedua, cari uang-uang kuno ke toko barang koleksi. Sayangnya, toko barang koleksi biasanya menjual dengan harga yang cukup mahal. Meski begitu, kalau Anda punya relasi atau kolega bisnis yang mencari uang kuno dan berani bayar mahal, Anda bisa cari di toko terlebih dahulu.

Dalam hal ini, Anda posisinya sebagai makelar atau perantara. Bagi orang kaya, asal dia suka, berapapun yang Anda tawarkan biasanya dibayar. Asal syaratnya satu, uang itu benar-benar langka dan kuno banget!

Foto gambar uang kuno bersejarah 100 seratus rupiah bank indonesia
Foto/gambar uang kuno bersejarah 100 (seratus) rupiah tahun 1958. (Wikipedia)

Tips ketiga, ikuti lelang koin. Berburu uang kuno melalui lelang adalah cara dan kiat paling cerdas. Namun, Anda harus benar-benar mengetahui prosedur lelang yang benar sesuai dengan aturan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Saat ini, lelang koin uang kuno bisa dilakukan secara manual dalam suatu pameran, bisa juga surat, telepon atau internet. Khusus lewat telepon dan internet, sebaiknya Anda harus hati-hati dengan adanya penipuan.

Cara keempat, beli uang kuno melalui internet yang nantinya akan dikirim melalui POS Indonesia atau jasa pengantar barang lainnya seperti JNE, TIKI dan lain sebagainya. Lagi-lagi, Anda harus benar-benar cermat untuk masalah ini agar tidak tertipu.

Cara kelima, buka toko online khusus uang kuno. Anda bisa buka toko online dengan membuat blog atau website. Cukup dengan modal Rp 500 ribu, Anda sudah bisa buat website atau blog.

Toko online tidak harus dengan blog atau website, tetapi juga bisa melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, BlackBerry Mesenger (BBM), Whatsapp, Line, dan lainnya. Anda juga bisa buat fanspage atau grup di Facebook. Mudah, kan?

Untuk tips ini, Anda harus update dan giat promosi setiap harinya. Selanjutnya, Anda harus punya target orang-orang yang benar-benar senang dengan uang kuno, baik rupiah maupun asing.

Cara keenam, gabung komunitas uang kuno di daerahmu atau di dunia maya. Di sana, Anda akan mengetahui update atau berita terbaru seputar uang kuno. Cari komunitas, misalnya di Solo, Surabaya, Malang, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan lain sebagainya.

Di komunitas juga, Anda akan tahu berapa harga-harga uang kuno yang seharusnya Anda jual sehingga bisa menjadi kolektor yang ulung. Pelajari ilmu bisnis dari teman di satu komunitas.

Bisnis uang kuno asing
Khusus untuk menjadi kolektor uang asing, Anda harus tetapkan target apakah pembeli dari orang Indonesia atau luar negeri.

Kalau luar negeri, Anda harus pandai negosiasi dengan bahasa Asing, minimal bahasa Inggris. Kalau pembeli dari Indonesia sendiri, cukup pandai menawarkan uang kuno koleksi asing Anda yang bisa didapatkan dari banyak tempat seperti yang dijelaskan di atas.

Buat toko offline
Anda wajib membuat kantor sebagai toko offline Anda. Ini untuk menegaskan agar buyer atau pembeli Anda sangat yakin.

Tetapkan alamat kantor dan nomor telepon. Jika Anda pemula, kantor bisa dibuat di rumah. Semakin Anda formal, semakin dipercaya. Buktikan kalau tidak percaya!

Demikian tips, kiat dan cara menjadi kolektor uang kuno rupiah Indonesia maupun asing lengkap dengan tips bisnis dan membuka usaha. Semoga bermanfaat!

0 Response to "10 Tips Bisnis Usaha Kolektor Uang Kuno Rupiah & Asing"

Poskan Komentar