Sejarah, Keajaiban dan Ciri-ciri Masjid Istiqlal Jakarta

Sejarah berdirinya, keistimewaan arsitektur dan ciri-ciri Masjid Istiqlal menjadi salah satu pertanyaan yang sering dilayangkan pembaca kepada redaksi Berberita.com.

Karena itu, kami akan menyajikan artikel seputar Masjid Istiqlal Jakarta yang meliputi sejarah berdirinya, keistimewaan, kegiatan, arsitektur, website resmi, alamat, hingga kumpulan foto-foto terbaik.

Sejarah singkat
Sejarah berdirinya Masjid Istiqlal dimulai dari pertemuan penting antara KH Wahid Hasyim sebagai Menteri Agama RI dan Anwar Tjokroaminoto dari Partai Syarikat Islam untuk membahas pendirian sebuah masjid.

Hasil pertemuan itu direspons baik oleh Presiden Soekarno dan pembangunan pertama dimulai pada 24 Agustus 1961 dengan pendirian tiang pancang.

Masjid Istiqlal resmi digunakan sebagai tempat ibadah umat Muslim pada 22 Februari 1978 yang ditandai sebuah prasasti dipasang di tangga pintu As Salam.

Foto2 Masjid Istiqlal Mosque Photo Jakarta

Berapa dana atau biaya yang diperlukan untuk membuat Masjid Istiqlal? Masjid ini menghabiskan biaya dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sebesar Rp 7 miliar atau 12 juta dollar Amerika.

Pada tahun itu, besaran biaya pembangunan Masjid Istiqlal sangat fantastis, mengingat arsitek termuka Frederich Silaban melalui desain "Ketuhanan" berhasil menjadi perancang atau arsitektur dengan hadiah emas 75 gram dan uang Rp 25 ribu.

Bisa dibayangkan saja, pemenang sayembara desain Masjid Istiqlal saja hadiahnya hanya Rp 25 ribu yang waktu itu nominalnya memang sangat banyak. Kalau biaya pembangunan mencapai Rp 7 miliar, bisa dibayangkan saat ini habis berapa triliun rupiah.

Keistimewaan
Ada banyak keistimewaan arsitektur Masjid Istiqlal yang tidak dimiliki masjid-masjid paling istimewa di dunia lainnya. Apa saja? Berikut ulasan yang dirangkum Berberita.com untuk Anda.

Masjid Istiqlal Jakarta dibangun bertepatan dengan peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dikenal maulid nabi.

Istiqlal memiliki total menara setinggi 90 meter dengan rincian tubuh menara dibuat dari marmer setinggi 66,66 meter dan menara baja antikarat 30 meter. Model bangunan meruncing ke atas berfungsi untuk mengumandangkan adzan.

Keajaiban selanjutnya, Istiqlal adalah masjid terluas mencapai 4 hektare yang bisa menampung jamaah hingga 61 ribu orang.

Tak hanya itu, bedug raksasa dengan panjang 3 (tiga) meter dan berat 2,3 ton, diameter 2 meter pada bagian depan dan diameter 1,71 meter pada bagian belakang menjadikan bedug raksasa ini sangat istimewa.

Yang luar biasa lagi, keajaiban bedug Masjid Istiqlal terletak pada bahan yang dibuat, yaitu dari kayu meranti merah (dalam bahasa Inggris shorea wood) yang usianya mencapai 300 tahun diambil dari sebuah hutan di Kalimantan Timur.

Masjid Istiqlal juga memiliki 7 pintu gerbang masuk di mana masing-masing diberikan nama yang diambil Asmaul Husna. Nama-nama Allah yang dipasang, antara lain As Salam, Ar Rozzaq dan Al Fattah pada bagian pintu utama.

Pintu lainnya, antara lain bernama Al Malik, Al Quddus, Al Ghaffar, Ar Rahman. Keistimewaan selain terletak pada nama Allah, tetapi juga melambangkan kosmologi alam semesta atau langit yang memiliki tujuh lapis. Subhanallah!

Ciri-ciri masjid Istiqlal
Masjid paling indah di Indonesia ini memiliki karakter dan ciri-ciri khas bergaya Islam modern internasional di mana bentuknya jika dilihat dari kejauhan seperti persegi atau kubus dengan dilengkapi kubah bola raksasa.

Sementara itu, satu kubah bola berukuran lebih kecil membuat kedua kubah tersebut terlihat begitu agung dan istimewa.

Ciri-ciri selanjutnya, pada bagian dinding terdapat kerangka logam berlubang. Karena itu, dilihat dari kejauhan terlihat bolong-bolong persegi yang menawan dan eksotis.

Bolongan itu memiliki fungsi dan kegunaan sebagai lubang udara, penyekat sekaligus jendela. Keajaiban dan keindahan arsitektur Islam yang begitu indah.

Tak hanya itu, semua bangunan sebagian besar dibuat dari marmer putih yang dikenal sebagai bahan bangunan paling mahal sejagad dan dilengkapi dengan baja antikarat (stainless steel). Wow! Ajaib sekali, bukan?

BACA JUGA: Inilah 7 Objek Wisata di Bandung Paling Menakjubkan!

Selain berfungsi tempat ibadah, Masjid Istiqlal juga dijadikan sebagai destinasi wisata religi di Jakarta Pusat. Hampir setiap hari rombongan bis selalu datang ke sini, baik rombongan dari Walisongo maupun wisatawan religi lainnya. Luar biasa!

0 Response to "Sejarah, Keajaiban dan Ciri-ciri Masjid Istiqlal Jakarta"

Poskan Komentar